Lombok Timur (31/7) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN PMD) Universitas Mataram yang ditempatkan di Desa Sembalun Timba Gading, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, telah melaksanakan sosialisasi yang bertema ”Strategi Pengembangan Pemasaran Kopi Lokal Sembalun Timba Gading Melalui Marketing dan Branding Produk”. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Desa Sembalun Timba Gading, diikuti oleh 30 peserta diantaranya para pegiat kopi, ibu-ibu kader, perangkat desa, serta masyarakat Desa Sembalun Timba Gading.

Sosialisasi ini merupakan “Program Kerja Utama” bagi mahasiswa KKN-PMD Desa Sembalun Timba Gading, sehingga acara ini dirancang untuk menjangkau masyarakat agar memahami cara menjual produk dengan pemasaran digital dan branding produk. Sosialisasi ini ditujukan kepada para pegiat kopi di masyarakat Sembalun Timba Gading dan dilaksanakan dengan berkolaborasi bersama Bapak Khairul Anwar. Beliau dikenal sebagai seorang pecinta kopi sekaligus pemilik produk kopi yang cukup terkenal yaitu Kopi Leong, yang memiliki jaringan pemasaran cukup luas.

Memahami cara berpikir untuk mendukung perkembangan usaha. Menjadi petani kopi berdaya saing harus mengembangkan branding kopi sendiri, serta menciptakan berbagai produk turunan kopi bubuk, green bean, roasted bean, serta memanfaatkan media sosial atau marketplace untuk memperkenalkan produk kopi ke masyarakat luas. Selain itu, dijelaskan pula pentingnya memperluas target pasar, menekan biaya agar lebih efisien, membangun branding dan kepercayaan dalam meningkatkan reputasi penjualan, serta lebih dekat dengan konsumen melalui chat, dan kritikan di media sosial sebagai bahan evaluasi.

Dalam sesi tersebut juga diperkenalkan penggunaan marketplace seperti Facebook, TikTok, dan Shopee, sebagian masyarakat Sembalun Timba Gading selama ini belum memanfaatkan media digital dan hanya mengandalkan promosi dari mulut ke mulut.

Menanggapi hal tersebut Khairul Anwar sebagai pemateri menyampaikan bahwa langkah awal yang perlu dilakukan adalah belajar menggunakan Facebook terlebih dahulu sebelum beralih ke aplikasi lain untuk memasarkan produk kopi lokal Sembalun Timba Gading.

Kegiatan ini merupakan syarat untuk memenuhi bagian dari program Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Masyarakat Desa Universitas Mataram yang berfokus pada perekonomian masyarakat Sembalun Timba Gading melalui produksi kopi lokal.