Feel History, Gagasan Mahasiswa UNRAM untuk Meningkatkan Nasionalisme dan Anti Korupsi melalui Pembelajaran Sejarah Indonesia menggunakan Teknologi MR (Mix Reality)

0
119

Indonesia Corruption Watch (ICW) melaporkan sebanyak 553 kasus korupsi dengan total kerugian sebanyak RP. 29,481 Trilliun pada tahun 2021. Maraknya kasus korupsi yang terjadi di Indonesia memperlihatkan lemahnya penghargaan terhadap sejarah bangsa Indonesia dan jiwa nasionalisme yang dimiliki. Lemahnya dua hal ini tentunya sejalan dengan kurang optimalnya pendidikan tentang sejarah Indonesia yang diajarkan sejak dini.

Kebanyakan siswa mengaku mata pelajaran Sejarah Indonesia cenderung membuat siswa mengantuk karena menggunakan metode pembelajaran konvensional dalam bentuk ceramah saja. Maka dari itu Mahasiswa UNRAM menawarkan gagasan teknologi baru yang diberi nama Feel History yakni Pembelajaran Sejarah Indonesia menggunakan Teknologi MR (Mix Reality) yang menghadirkan objek fisik dan digital secara berdampingan dengan real time.

Tujuan dari gagasan Feel History  adalah untuk meningkatkan pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan serta menanamkan rasa nasionalisme dan anti korupsi pada generasi muda melalui mata pelajaran Sejarah Indonesia. Adapun manfaat gagasan Feel History ialah memberikan pengalaman langsung mengenal Sejarah indonesia menggunakan kacamata HoloLens, memudahkan daya tangkap materi pelajaran, meningkatkan minat dan membantu pelajar disabilitas untuk belajar tentang Sejarah Indonesia.

Gagasan ini kemudian di lombakan dalam Program Kreatifitas Mahasiswa Video Gagasan Konstruktif (PKM-VGK) tahun 2022 dan berhasil mendapatkan pendanaan. Adapun Gagasan video ini dirancang oleh Lalu Shulthonul Azmi sebagai ketua tim, Gilang Purnama, M. Qamaruzzam Alawiyyin Batin Zohiro, dan Lalu M. Alpan Alwi Fahmi sebagai anggota serta didampingi oleh dosen pendamping yakni Ir. Ida Ayu Oka Suwita Sideman, S.T., M.Sc. Kegiatan Pembuatan video dilaksanakan selama 3 bulan dari bulan Juni hingga Agustus dan sudah selesai di upload ke youtube.

Ketua tim, Lalu Shultonul Azmi berharap supaya gagasan ini bisa bermanfaat bagi kemajuan pendidikan Indonesia kedepannya, serta berharap supaya gagasan ini segera dapat di implementasikan secara nyata untuk memberikan pengalaman baru dalam pembelajaran Sejarah Indonesia.

Link Youtube : https://youtu.be/jWfq6G2BDFA