Festival Bebubus Batu Desa Sapit Lombok Timur

3
1452
Festival Bebubus Batu Desa Sapit Lombok Timur
Festival Bebubus Batu Desa Sapit Lombok Timur

LOTIM – Infolombok.com Tradisi Budaya Bebubus Batu adalah ritual budaya yang digelar dua kali dalam setahun untuk nikmat hidup rukun, gotong royong dan keselamatan lahan pertanian, perkebunan dan peternakan.
Tradisi ini merupakan salah satu tradisi yang sudah lama terpendam di suku Sasak khususnya warga Desa Sapit, Kecamatan Suela. Tradisi Bebubus Batu sudah di kenal sejak abad ke-7 dan kini menjadi sebuah festival budaya tahunan sejak 2018.
Tradisi budaya Bebubus Batu dilakukan secara turun temurun. Di tahun 1997 tokoh desa dibantu oleh Pemkab Lotim untuk mendukung kelancaran acara tersebut.


“Festival Bebubus Batu ini di gagas untuk memajukan seni dan budaya yang ada di Desa Sapit agar lebih di kenal oleh khalayak ramai tentang sejarah dan kebudayaannya.” Ujarnya

Pemerintah Kabupaten Lombok Timur dan dinas pariwisata siap mensuport dalam membuat profil webseite dan mengangkat pariwisata di daerah Desa Sapit untuk dikenal lebih jauh oleh publik.
Festival ini digelar tak hanya sebagai perayaan tradisi budaya semata, namun kini dirangkaikan dengan berbagai acara seperti gondem wisata, explorasi Desa Sapit, gamelan, bazar hingga pameran. Namun tujuan lainnya untuk media promosi produk-produk UKM ke khalayak ramai agar dikenal lebih luas.

3 COMMENTS

  1. Bukan makam tapi Kampu (tugu batu / prasasti) situs megalitikum bersejarah. Oleh mereka dahulu ini tempat rest area berkumpul utk tasyakuran dan kenapa dikurung dengan bambu tersebut agar terjaga. Ini juga merupakan cagar alam budaya yg bersejarah.

    Tugu batu/Itu menhir situs peninggalan megalitikum.
    Yang di gunakan sebagai simbol kesuburan tanaman…

    Begitu ya Mas Hajikuuu Umami.

    Ketua Panitia Fest Bebubus & Gondem Pariwisata Lotim

    M. Hijazi Noor
    bendahara DPC HPI Lotim
    anggota APGI NTB
    Anggota Pokdarwis Langgar Pusaka bidang pengembangan SDM
    WhatsApp 082147024526 & 081803757355

    nb. Contact wa saya ya pleaseeee ke nhp tsb diatas 🙏

  2. Please diralat tulisan makam tsb agar lebih jelas dan jangan ditutup-tutupi. Memang tidak ada makam disana. Pleaseeeeeee 🙏

    Sudah di saksikan langsung oleh SekDis Pariwisata Bapak Martawi, Bapak Kabid Pemasaran Bapak Muhir, Bapak Kabid Kapasitas Pariwisata Lotim. Ketiga ini dari pariwisata lotim.

    Terima kasih banyak 🙏