Lomba Mewarnai Yang Diselenggarakan Oleh Kelompok KKN Desa Lelede Universitas Mataram Sekaligus Pemasaran Produk “Gedebong Chips”

Lomba mewarnai yang diadakan oleh mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) dari Universitas Mataram, diselenggarakan di Desa Lelede, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat. Lomba ini diikuti oleh anak-anak yang tergabung dalam kelompok anak usia 4 sampai 6 tahun dari tingkat PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan SD (Sekolah Dasar) dari kelas 1 dan 2.

Tujuan dari diadakannya lomba mewarnai ini adalah untuk dapat merangsang dan meningkatkan kreativitas dan kecerdasan anak PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan SD (Sekolah Dasar) sebagai perwujudan cita-cita suatu negara yaitu “Mencerdaskan Anak Bangsa”.

“Anak-anak senang sekali dan sangat antusias mengikuti lomba mewarnai yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Lelede. Kegiatan lomba mewarnai ini juga secara tidak langsung memberikan wadah dalam menggali kreatifitas dan keterampilan anak-anak guna mempersiapkan kompetensi anak di masa yang akan datang”. Ujar Ketua KKN Terpadu Universitas Mataram, Akram Mukdial Basit.

Lomba mewarnai diadakan pada sore hari dengan waktu pelaksanaan 1 jam, setelah itu para peserta diminta untuk mengumpulkan karya mereka ketika waktunya sudah selesai. Untuk kriteria penilaian meliputi, kerapihan dan kebersihan, kreatifitas dalam memadukan warna, dan komposisi warna.

Lomba mewarnai yang diselenggarakan oleh kelompok KKN-T Universitas Mataram Desa Lelede

Selain menyelenggarakan lomba mewarnai, mahasiswa KKN Terpadu Universitas Mataram juga mengadakan pemasaran produk “Gedebong Chips” yang bertempat di Aula Kantor Desa Lelede. Gedebong Chips alias Keripik Batang Pohon Pisang banyak tumbuh di Desa Lelede, melihat potensi yang melimpah ini para mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Mataram igin mengolah batang pohon pisang khususnya batang pohon pisang kepok agar memiliki nilai jual.

Pemasaran produk “Gedebong Chips” yang diadakan oleh mahasiswa KKN ini bertujuan untuk memperkenalkan suatu inovasi produk yang dapat dijadikan sebagai usaha untuk para pelaku UMKM yang ada Di Desa Lelede. Bahkan warga yang berada disana sendiri juga merekomendasikan untuk menjadikan keripik Gedebong ini sebagai UMKM desa”,Ujar Ibu Suharni.

Pemasaran Produk “Gedebong Chips” oleh kelompok KKN Terpadu Universitas Mataram Desa Lelede

Dalam kegiatan pemasaran produk ini ibu- ibu juga berantusias dalam mencoba “Gedebong Chips” ini. Bahkan banyak warga yang kaget dengan produk makanan satu ini, dan tidak menyangka dapat di jadikan suatu produk makanan inovatif di Desa Lelede.

Redaksi: Tim KKN-T Universitas Mataram Desa Lelede