sesi foto bersama mahasiswa KKN Terpadu Universitas Mataram dengan ibu PKK serta warga desa Gapuk (26/1)

Sosialisasi pengolahan ikan nila dilaksanakan pada hari kamis, 26 januari 2023 dari pukul 8:00 sampai 10:30 WIB di desa Gapuk, kecamatan Gerung, kabupaten Lombok Barat.

Secara umum kegiatan sosialiasi pengolahan ikan nila disampaikan oleh ketua kelompok dan salah satu anggota kelompok. Desa gapuk memiliki potensi unggul bidang pertanian dan perikanan. Keunggulan tersebut berupa padi, kelapa dan ikan nila. Desa gapuk merupakan salah satu desa pembudidayaan ikan di kabupaten Lombok Barat kecamatan Gerung. Ikan yang paling banyak dikembang biakkan adalah ikan nila. Hal ini dikarenakan perawatannya yang mudah, cara pengembangbiakkan yang tidak memerlukan waktu panen yang terlalu lama. Ikan nila juga merupakan jenis ikan yang memiliki nilai Gizi tinggi berupa omega 3, omega 6, vitamin B3, vitamin B5, Vitamin B6, selenium, dan vitamin B12.

Berawal dari kenyataan itu, sekelompok mahasiswa KKN TERPADU UNRAM DESA GAPUK berusaha memberikan inovasi dengan Sosialisasi pengolahan ikan nila khususnya kepada remaji dan ibu – ibu rumah tangga dalam mengelola ikan nila menjadi produk buah tangan. Produk olahan ikan nila ini berupa BOIKE ( Bola – bola ikan nila ).

Dalam kegiatan tersebut , Salsabila Rani Nur Ananta memperkenalkan berbagai alternatif dan cara pembuatannya. Produk olahan ini dikembangkan oleh mahasiswa KKN TERPADU UNRAM DESA GAPUK. Antusias dan respon masyarakat dengan program tersebut sangat baik. Kegiatan ini memberikan wawasan serta pengalaman baru bagi remaji dan ibu – ibu.

Mahasiswa KKN TERPADU UNRAM DESA GAPUK juga melakukan kegiatan Sosialisasi Sarana Jual-Beli. Dimana Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan tingkat pemahaman dan untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada remaji dan ibu – ibu desa gapuk. Tujuannya untuk menambah pengetahuan jual beli online. Diharapkan dari hasil sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman baru mengenai jual beli online, pengembangan jual beli online dan pemahaman tentang jual beli online kepada masyarakat.

Media sosial dapat digunakan untuk melakukan komunikasi dalam bisnis, membantu pemasaran produk dan jasa, berkomunikasi dengan pelanggan dan pemasok. Ada beberapa jenis media sosial yang sering digunakan untuk mempromosikan barang yang akan di jual saat ini antara lain Whatsapp, Facebook, dan Instagram karena sasaran pemasarannya dari semua kalangan.

Dengan akses yang mudah dan cepat hal ini di manfaatkan oleh para pengusaha kecil UMKM untuk lebih berani mempromosikan produk-produknya karena jaringan internet yang luas dan tidak ada batasan waktu dan wilayah hingga menjadi media pemasaran yang efektif.