Acara peresmian S-Cube Center sekaligus penutupan pelatihan yang dimeriahkan dengan pameran serta pentas budaya Indonesia dan Korea Selatan di Gedung Dome Universitas Mataram pada Rabu (1/2/2023).

KKN UNRAM 2022 bekerja sama dengan Seoul National University Social Responsibility (SNU SR) mengadakan pelatihan desain grafis dan bahasa Korea dengan topik pariwisata bagi masyarakat Lombok. Pelatihan ini merupakan salah satu program kerjasama antara KKN UNRAM 2022 dan SNU SR yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan masyarakat lombok mengenai desain grafis dan bahasa Korea, serta mempromosikan pariwisata dan budaya korea.

Pelatihan ini diselenggarakan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan baru bagi masyarakat Lombok dalam bidang desain grafis dan bahasa Korea yang berkaitan dengan pariwisata. Pelatihan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan masyarakat Lombok dalam bidang desain grafis dan bahasa Korea yang berkaitan dengan pariwisata.

Pelatihan ini menghadirkan dosen universitas mataram sebagai tim pengajar dalam bidang desain grafis dan dosen dari univeristas nasional jakarta dan seoul national university sebagai pengajar pada kelas bahasa Korea.

Dengan pelatihan ini, diharapkan masyarakat Lombok dapat memperoleh skill dan pengetahuan baru dalam bidang desain grafis dan bahasa Korea yang berkaitan dengan pariwisata, sehingga dapat membantu memajukan potensi pariwisata di Lombok. Selain itu, pelatihan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kerjasama antara KKN UNRAM 2022 dan SNU SR dengan masyarakat Lombok, serta membantu pembangunan pariwisata yang berkelanjutan di Lombok.

Penutupan pelatihan dilakukan dengan meriah. Terdapat penampilan budaya dan pameran yang ditampilkan oleh mahsiswa Universitas Mataram, Universitas Nasional Jakarta dan Seoul National University. Para peserta juga diberikan kesempatan untuk menunjukkan hasil karya dan pencapaian yang mereka dapatkan selama pelatihan berlangsung. Penampilan ini sangat menyentuh dan membuat semua hadir merasa bangga dan terkesan dengan prestasi peserta.

Pihak KKN UNRAM 2022 dan SNU SR berharap bahwa pelatihan ini akan akan terus berlangsung karena memberikan dampak positif bagi masyarakat Lombok dan dapat dijadikan sebagai model program kerjasama yang berkelanjutan antara Universitas Mataram dan Seoul National University.