MEWUJUDKAN GERMAS, MAHASISWA KKNT UNRAM DESA GUMANTAR MELAKUKAN KEGIATAN PEMBAGIAN BIBIT BUAH DAN SAYURAN SERTA PELATIHAN PENANAMAN KEPADA MASYARAKAT

0
314

Gumantar, Lombok Utara – Salah satu dampak modernisasi adalah tidak seimbangnya pola hidup masyarakat. Salah satu contohnya adalah kurangnya konsumsi serat, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.  Untuk menanggulangi permasalahan ini diperlukan adanya kegiatan untuk menunjang gerakan untuk hidup sehat (GERMAS) yang merupakan aktivitas yang dapat diterapkan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Berdasarkan permasalahan tersebut mahasiswa KKNT Universitas Mataram di Desa Gumantar melaksanakan kegiatan untuk mewujudkan program GERMAS. GERMAS sendiri merupakan upaya untuk mengurangi kebiasaan masyarakat yang kurang sehat sehingga menyebabkan timbulnya penyakit. Adapun tujuan dari pelaksanaan GERMAS yaitu menurunkan kasus penyakit menular dan tidak menular, menurunkan beban pembiayaan kesehatan karena peningkatan penyakit, dan juga menghindarkan penurunan produktivitas penduduk. 

Salah satu program GERMAS yang dilakukan oleh mahasiswa KKNT Universitas Mataram di desa Gumantar, yaitu dengan melakukan sosialisasi pemanfaatan pekarangan, sekaligus pembagian bibit buah dan sayuran kepada masyarakat dan melakukan pelatihan penanaman bibit buah di pekarangan SDN 5 Gumantar. Dalam kegiatan tersebut antusiasme masyarakat Dusun Amor-Amor, Desa Gumantar sangat tinggi karena mengingat pentingnya pemanfaatan pekarangan sehingga meningkatkan produktivitas masyarakat serta meningkatkan efisiensi pemanfaatan pekarangan.

Penanaman bibit buah oleh murid-murid SDN 5 Gumantar (16/07/22).

Kegiatan pelatihan penanaman di SDN 5 Gumantar dilakukan pada hari Sabtu, 16 Juli 2022. Pada kegitan tersebut mahasiswa KKNT Universitas Mataram di Desa Gumantar memberikan edukasi mengenai pentingnya menanam dan merawat tanaman untuk dapat dimanfaatkan. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan penanaman bibit tanaman di lingkungan sekolah yang didampingi oleh mahasiswa KKNT Universitas Mataram di Desa Gumantar dimana kegiatan ini melibatkan seluruh warga sekolah termasuk di dalamnya guru, staf, kepala sekolah dan murid. 

Kegiatan selanjutnya yaitu sosialisai pemanfaatan pekarangan untuk mendukung program GERMAS yang dilakukan pada hari Selasa, 19 Juli 2022.  Kegiatan tersebut melibatkan masyarkat Dusun Amor-Amor yang dimulai dengan pemberian materi mengenai pentingnya pemanfaatan pekarangan dengan menanam bibit buah dan sayur untuk meningkatkan asupan gizi masyarakat.

Pembagian bibit buah dan sayur kepada masyarakat Gumantar (19/07/22).

Selanjutnya kegiatan yang dilakukan yaitu membagikan bibit buah dan sayur kepada masyarakat yang nantinya akan dilakukan monitoring secara berkala untuk memastikan bahwa bibit yang diberikan tumbuh dan berkembang dengan baik. Oleh karena itu, masyarakat dapat mengkonsumsi hasil panen dari tanaman tersebut yang dapat meningkatkan asupan gizi sehingga terwujudnya pola hidup masyarakat yang sehat.