Gotong royong bersama mitra di Desa Karang Sidemen


Karang Sidemen – KKN Tematik Universitas Mataram tahun 2022 dengan tema lingkungan dan pariwisata di Desa Karang Sidemen, Kecematan Batukliang Utara, Lombok Tengah melakukan gotong royong bersama di Galmping Park Lembah Surga. Desa Karang Sidemen sendiri terkenal dengan pariwisata yang sangat berlimpah begitu pula dengan potensi sumber daya alam yang sangat melimbah ruah juga, mulai dari sumber daya hutan, pertanian, dan juga peternakan.
Di sisi lain, masyarakat Desa Karang Sidemen belum mampu menata wisata dengan baik, salah satunya dengan masih banyak dedaunan, ilalang dan sebagainya di sekitar Glamping, sehingga pemandangan terhalang dan membuat wisata ini menjadi terhenti dan kurang di perhatikan.
Berdasarkan permasalahan diatas, Mahasiswa KKN Tematik Unram periode Juli-Agustus 2022 mencoba memberikan ide-ide yang menarik agar masyarakat sadar bahwa wisata Glamping ini dapat di kembangkan dan menjadi pusat perhatian kepada khalayak luas. Salah satu yang dilakukan adalah dengan mengajak masyarakat dan pemuda Desa Karang Sidemen melakukan gotong royong di Glamping Lembah Surga yang terletak khususnya di dusun rangkap.
Dalam rangka meningkatkan kebersihan dan mempersiapkan Glamping Park Lembah Surga sebagai salah satu destinasi wisata alam yang indah dan asri, mahasiswa melakukan aksi gotong royong membersihkan ilalang, sampah di sepanjang area glamping, pengangkatan bambu untuk pembuatan spot foto oleh mitra, serta menghasilkan ide pembuatan spot foto. Dengan terlaksananya gotong royong ini semakin membuat erat hubungan antara anggota KKN dengan para mitra .
Gotong royong ini dilakukan pada tanggal 16 – 17 Juli 2022 dari pukul 08:00- 12:00 WITA. Yang dilakukan dengan kelompok masyarakat dan kelompok pemuda seperti POKDARWIS, KTI, Formasi Desa, dan Mahasiswa KKP UIN Mataram serta Warga Dusun Rangkap.
Ketua KKN Tematik UNRAM Elfan Hidayat mengatakan memang kegiatan ini menjadi program kerja di KKN, khususnya di bidang sosial untuk menciptakan lingkungan dan pariwisata yang indah dan bersih sehingga dapat di nikmati.
“gotong royong ini adalah salah satu bentuk kepedulian masyarakat Desa Karang Sidemen dalam menciptakan lingkungan dan wisata yang bersih dan indah sehingga dapat berkembang. Kami berharap dukungan segenap elemen masyarakat untuk menciptakan wisata yang berkembang butuh Kerja sama semua pihak,” kata Elfan.
Salah satu Tokoh masyarakat pak Hilman mengatakan bahwa gotong royong sangatlah penting dilakukan agar menghasilkan nilai kekeluargaan di antara masyarakat. “Selaku masyarakat Dusun Rakap, ini merupakan langkah awal yang bisa kami lakukan untuk wisata dan lingkungan ini karena kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang, kapan lagi.” kata pak Hilman.
Melihat partisipasi masyarakat dan para mitra membuktikan bahwa kehidupan gotong royong di desa ini masih sangat tinggi sehingga nilai kekeluargaan dan kebersamaan ini dapat dilestarikan kepada anak cucu. Dapat di lihat bahwa dampak gotong royong ini membawa pengaruh baik bagi keberlanjutan kehidupan berbangsa dan bernegara kelak. Kamis/21/7/22