Mataram – Menjaga imunitas tubuh dan mempertahankan kebugarannya ditengah pandemi memanglah tidak mudah. Fadil, seorang atlet karate asal Bima yang menceritakan bagaimana cara dia untuk rutin workout, dan beberapa tips juga yang dia bagi. (10/10)

Untuk menjaga kebugaran dan imunitas tubuh, Fadil seorang atlet karate biasanya akan rutin berolahraga. Fadil sendiri sebagai seorang atlet pun memiliki jadwal latihan.  Tentunya para atlet pun memiliki jadwal latihannya masing-masing. Selain berolahraga, cara atlet mempertahankan imunitas dan kebugaran tubuh mereka adalah dengan mengonsumsi makanan yang berprotein dan dapat menjaga stamina tubuh.

“atlet juga punya jadwal latihan, karena pandemi jadi dikurangi. Tapi kita punya inisiatif sendiri untuk olahraga, seperti jogging, jalan-jalan keliling kompleks, yang ringan-ringan saja.” ucap Fadil ketika ditanya mengenai jam latihannya.

Selain itu, Fadil juga memberi tips apa saja gerakan workout atau olahraga ringan dan apa saja makanan yang dapat dikonsumsi dengan baik. Untuk olahraga ringan, atlet yang berumur 22 tahun itu menyarankan untuk melakukan jogging, jalan-jalan di sekitar kompleks, lari, sit up atau push up, pull up, dan banyak lagi yang bisa dilakukan dirumah.

“kalau kami itu tidak diperbolehkan mengonsumsi mie instan karena ketika akan ada pertandingan dan malamnya makan mie instan maka saat bertanding itu performa kita akan turun dan itu benar-benar terlihat. Pelatih menyarankan kami untuk konsumsi telur rebus sebelum bertanding dan itu juga bisa menjadi tips bagi para olahragawan” jelas Fadil mengenai tips dan saran makanan yang dapat dikonsumsi.

Menjadi atlet memang harus menjaga performa apalagi disaat pandemi seperti ini pasti banyak sekali tantangan seseorang menjadi produktif. Biasanya tantangan yang dimaksud itu adalah rasa bermalas-malasan atau biasa anak muda juga menyebutnya ‘mager’. ‘Mager’ merupakan singkatan dari malas gerak. Itu menjadi faktor utama bagi seseorang yang ingin produktif.