Sumber Dok. Whatsapp Narasumber 1, Hambaly.
Penanaman Perdana Porang di Kecamatan Pajo Kabupaten Dompu dihadiri oleh salah seorang Komisi IV DPR RI, H. Muhammad Syafrudin, ST. MM. pada hari kamis 23 september 2021 pukul 13.30 s.d 14.35 wita.

Giat Penanaman dimaksud dirangkaikan dengan Laporan Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan, Ilham, SP. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Bupati Dompu, Kader Jaelani.


Bupati Dompu, Kader Jaelani mengatakan rasa syukurnya atas dukungan dari Kementerian Pertanian dan Perkebunan RI memberikan kepercayaan untuk menanam Porang di daerahnya.

“Saya sangat bersukur atas dukungan dari Kementerian Pertanian dan Perkebunan atas dukunganya memberi kepercayaan terhadap kami masyarakat kabupaten Dompu untuk memberikan program penanaman perdana porang.” Kata AKJ.

Lebih lanjut dia menuturkan “Semoga program penanaman perdana porang ini bisa membawa masyarakat Dompu maju dalam hal perekonomian supaya bisa bersaing dengan kabupaten atau propinsi lain yang ada di indonesia, mari kita bekerja keras untuk memajukan Dompu sebagai penghasil tanaman porang terbesar di propinsi NTB bahkan propinsi yang berada di indonesia.” Lanjut Bupati sembari mengajak masyarakatnya.

Selain dari itu, Bupati Kader Jaelani juga mengharapkan pada masyarakat untuk menanam porang. “Saya berharap kepada masyarakat Dompu agar menanam porang karena penanaman porang tidak merusak ekosistim hutan, porang ini bisa di tanam di bawah pohon dan tidak perlu menebang seperti sekarang ini sampai hutan menjadi gundul. Hadirnya program penanaman porang ini bisa menggantikan nilai jagung selama ini yang merusak ekosistim alam yang ada di kabupaten Dompu.” Lanjut Bupati sembari berharap.

Pada momen yang sama, Anggota Komisi IV DPR RI, H. Muhammad syafrudin ST. MM dalam amanatnya berharap pada masyarkat untuk memanfaatkan hutan secara bijak.

“Saya berharap kepada masyarakat kabupaten Dompu agar memanfaatkan lahan untuk menghasilkan penghasilan yang cukup untuk kehidupan masyarakat biar rakyat Dompu bisa tersenyum karena penghasilan pertanian yang cukup memadai di kabupaten Dompu.” Harapnya.

Selain dari itu, dia juga memberi support kepada Pemda untuk bersaing dengan daerah lain. “Saya selalu mendukung untuk kemajuan masyarakat Dompu agar bisa bersaing dalam hal pertanian dan semoga masyarakat Dompu bisa menjadi kabupaten penghasil bumi terbesar di wilayah atau di propinsi NTB.” Lanjut HMS.

Usai sambutan dilanjutkan dengan penanaman perdana pohon porang dilakukan oleh Anggota komisi IV DPR RI H. Muhammad Syafrudin ST. MM.

Program tanaman porang merupakan salah satu program unggulan dari visi misi Bupati Dompu. Pemberian bantuan bibit oleh anggota DPRD RI Dapil Pulau Sumbawa bertujuan untuk memberikan motivasi dan edukasi bagi petani porang di kabupaten Dompu.