KKN-PMD UNRAM Desa Jurit Gelar Sosialisasi Zero Waste dan Pemanfaatan EM4

0
96

Lombok Timur – KKN PMD Desa Jurit mengadakan sosialisasi mengenai Zero Waste dan pemanfaatan EM4 kepada masyarakat (06/07/2023).

Mahasiswa KKN-PMD UNRAM memperkenalkan konsep Zero Waste kepada masyarakat Desa Jurit melalui sosialisasi dengan tema “Mengoptimalkan Pengelolaan Sampah dengan Ecobrick”. Sosialisasi dilaksanakan pada Rabu 6 Juli 2023 di Aula Kantor Desa Jurit yang dihadiri oleh Kepala Wilayah dan masyakarat Desa Jurit.

Mahasiswa KKN-PMD UNRAM menghadirkan narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Timur, Muhammad Ilham S.AP. Dalam penyampaian sosialisasi, Muhammad Ilham S.AP menjelaskan kepada masyarakat tentang pemahaman lebih lanjut terkait pengelolaan sampah, terutama pada sampah rumah tangga dan sampah plastik.
“Seperti yang kita tahu di Desa Jurit ini kan tidak ada TPA, jadi masyarakat kan biasanya membuang sampah di pekarangan rumah atau langsung dibakar” jelas Ilham.

Oleh karena itu, masyarakat Desa Jurit disarankan untuk membuat TPA (Tempat Pembuangan Akhir) kecil di pekarangan rumah yaitu dengan membuat lubang galian sedalam 1 meter. Melalui TPA kecil tersebut masyarakat diharapkan dapat mengelola sampah rumah tangganya sendiri agar tercipta lingkungan yang lebih bersih. Ilham juga mengharapkan terkait sampah plastik, kelompok masyarakat atau pemerintah Desa menyediakan atau mendirikan Bank Sampah khusus sampah plastik.

Selain itu, Perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Selong juga melakukan praktik pembuatan EM4 dari sisa atau limbah sampah rumah tangga. EM4 tersebut bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai pupuk kompos dan penghilang bau tidak sedap di kandang ternak. Dengan adanya praktik tersebut diharapkan kepada masyarakat agar mampu memanfaatkan sampah atau limbah rumah tangganya menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat. Masyarakat desa yang hadir dalam sosialisasi pada hari Rabu 6 Juli 2023 tersebut terlihat sangat antusias dalam praktik pembuatan EM4 yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Selong.

Ilham juga menyampaikan harapannya untuk Desa Jurit kedepannya, “Semoga secepatnya Desa Jurit mempunyai TPA agar sampah yang ada di desa bisa lebih terorganisir”.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan bagian dari Program Kerja yang dibawa oleh Mahasiswa KKN PMD UNRAM Desa Jurit. Melalui kegiatan sosialisasi tersebut KKN PMD UNRAM mengharapkan masyarakat Desa Jurit lebih memperhatikan masalah sampah yang ada di lingkungannya.