UNRAM Sukses Selenggarakan Kegiatan Pembinaan Karakter Bagi Mahasiswa

0
150
Koordinator Bidang Kemahasiswaan, Ir. Abdul Faruq, MM saat memberikan sambutan pada kegiatan Pembinaan Karakter Mahasiswa di Ruang Senat Lantai 3 Gedung Auditorium Universitas Mataram pada Sabtu (5/11/2022)

Universitas Mataram sukses menyelenggarakan kegiatan bertajuk “Pembinaan Karakter Mahasiswa” bagi mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi dan KIP Kuliah (KIP K) pada Sabtu (5/11/2022)

Kegiatan yang diselenggarakan di Ruang Senat Lantai 3 Gedung Rektorat Universitas Mataram ini merupakan kegiatan tahunan yang secara rutin diselenggarakan sebagai upaya menumbuhkan pendidikan karakter bagi mahasiswa.

Dalam sambutannya, Koordinator Bidang Kemahasiswaan, Ir. H. Abdul Faruq MM menekankan kepada 200 mahasiswa Bidikmisi/Kip K yang hadir akan pentingnya memiliki kemampuan dan pengetahuan yang baik, apalagi mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi/KIP K selain mendapatkan pendidikan gratis di kampus juga mendapatkan gaji dari pemerintah.

“Kan anda sudah dipatok dan dibiayai oleh pemerintah selama 8 semester. gunakan kesempatan itu sehingga orang tuanya tidak memikirkan biayanya lagi. Jadi saya berharap mahasiswa punya karakter, target yang jelas, apa kewajibannya sebagai mahasiswa, dan apa kewajibannya sebagai generasi muda”, ungkapnya.

Ada 3 tema besar yang diangkat pada kegiatan ini yaitu tentang “Narkoba, Wawasan Kebangsaan, dan Menata Diri Meraih Prestasi”. Materi pertama menghadirkan narasumber  Dosen Fakultas Kedokteran Unram, Dr. dr. Rohadi, Sp.BS (K), FICS, FINPS. Dalam materinya ditekankan supaya mahasiswa disamping menggaungkan slogan say no to drug juga harus tahu jenis-jenis narkoba serta tips untuk terhindar dari barang adiktif tersebut.

Materi kedua tentang wawasan kebangsaan disampaikan oleh Dosen Fakultas Hukum Unram, Dr. Ufran, SH., MH. yang dalam hal ini menyampaikan tentang pentingnya mahasiswa memahami ideologi bangsa mereka sendiri serta makna yang terkandung di dalamnya sehingga dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari

Materi terakhir disampaikan oleh Pujiarohman, M.Psi., Psikolog selaku Dosen Fakultas Kedokteran juga yang mengajak mahasiswa untuk lebih memperhatikan lagi akan tujuan mereka kedepannya supaya ditata lebih detail dari sekarang sebagai acuan sehingga tujuan mahasiswa kedepannya setelah lulus dari bangku kuliah menjadi lebih terarah.

Ketiga topik yang diangkat saling terhubung sebagai upaya Unram membantu para mahasiswa untuk mempersiapkan masa depan mereka setelah lulus kuliah melalui pengetahuan kebangsaan yang baik serta kesadaran akan pentingnya menjauhi obat-obatan terlarang demi masa depan mahasiswa yang lebih baik.

Kedepannya, pihak universitas berharap supaya mahasiswa senantiasa mengikuti program-program kampus yang ada demi peningkatan kapasitas dan kapabilitas dari mahasiswa itu sendiri.

Info Lebih Lanjut

www.unram.ac.id