Sadar Potensi Desa, KKN Unram Adakan Pelatihan Pengomposan Eceng Gondok Menjadi Pupuk Organik

0
303

Batujai, Lombok Tengah – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik Universitas Mataram (Unram) 2022 Desa Batujai, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah mengadakan pelatihan pengomposan eceng gondok menjadi pupuk organik di Dusun Lolat, Desa Batujai (22/07/22).

Pelatihan ini diadakan setelah melihat potensi Desa Batujai yang memiliki sumber daya alam eceng gondok yang berlimpah. Eceng gondok dapat diolah menjadi pupuk organik setelah melewati tahap pengomposan. Eceng gondok yang sudah dicincang halus kemudian diberikan EM4 yang sudah ditambahkan molase, dan kemudian dibiarkan melalui proses fermentasi. 

Pelatihan ini berlangsung selama satu hari, dimana mahasiswa KKN Unram bekerja sama dengan PokMas Desa Batujai, karang taruna Desa Batujai, dan pemuda/pemudi Desa Batujai, dengan pemateri bapak Saking, Ketua PokMas Batujai. Pelatihan ini juga dihadiri oleh para kepala dusun Desa Batujai.

Diskusi Mengenai Pengomposan Eceng Gondok Menjadi Pupuk Organik (20/07/22).

“Alhamdulillah dengan keberadaannya teman-teman KKN ini di dusun kami merupakan berkah bagi kami, dan mudah-mudahan hal ini bisa menjadi stimulus bagi masyarakat secara umum untuk bisa memanfaatkan ruang-ruang kecil yang ada di masing-masing lingkungan. Dan mudah-mudah ini bisa menjadi stimulus pemuda juga untuk bisa berkreasi dan bisa produktif biar bisa menjadi contoh bagi masyarakat lainnya. Sekali lagi kami berterimakasih kepada teman-teman KKN disini,” ucap Kepala Dusun Lolat, Abdul Hafidh.

Selain mengadakan pelatihan pengomposan eceng gondok, mahasiswa KKN Unram juga mengadakan pelatihan pembuatan pestisida nabati dan penanaman bibit sayuran di Dusun Lolat. 

Penanaman dan Pemindahan Bibit Sayuran ke Polybag (20/07/22).