Sesi foto bersama mahasiswa KKN T UNRAM Desa Sembalun Bumbung dengan warga sekitar dan ibu-ibu PKK (15/1)

Sembalun Bumbung sangat terkenal dengan penghasil wortel yang tinggi. Dengan potensi yang sangat luar biasa ini, sangat perlu dilakukan gebrakan terkait pengolahan produk terbaru berbahan dasar wortel. Wortel sering kali diburu untuk dijadikan obat kesehatan mata akan tetapi banyak yang memilih alternatif pengobatan lain karena kurang suka dengan rasa wortel yang belum diolah.


Masyarakat sekitar juga sangat tertarik untuk menjual hasil tani dalam bentuk gelondongan dan diberikan sepenuhnya pada pengepul dari pada mengolah produk berbahan dasar hasil tani mereka. Padahal jika diolah menjadi produk khas Sembalun, bisa memberikan nilai tambah dan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat terkhusus bagi petani wortwl. Melirik hal tersebut, Mahasiswa KKN T Unram Tema Desa Wisata melakukan pendekatan yang mengajak masyarakat sekitar untuk mengolah wortel menjadi suatu produk yang dicari oleh banyak orang dan berpotensi besar untuk diminati oleh khalayak umum pada saat ini, yakni olahan kerupuk wortel.


Masyarakat Sembalun Bumbung dan sekitarnya tentu akan sangat mengapreasi inovasi tersebut karena bisa menjadi selingan dalam bekerja atau menjadi cemilan dalam menikmati pahitnya kopi hangat diantara dinginnya Sembalun yang enggan untuk berkesudahan. Dan semangat masyarakat untuk mewujudkan sangat senang sekali kalau wortel yang ada di sawahnya bisa dinikmati menjadi kerupuk yang sangat ia sukai. Dengan pengapresiasian yang tinggi dari masyarakat kian menumbuhkan semangat Mahasiswa KKN T Tema Desa Wisata untuk menciptakan produk terbaru.

Penulis : Agil Sahreza dan Imam Yuardi A

#KKN-T UNRAM #LPPM #UNRAM