Seminar Nasional Komunikasi (Semnaskom) yang diselenggarakan Oleh Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Mataram (Sumber : Himikom Unram)

MATARAM –Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Mataram kembali menyelenggarakan Seminar Nasional Komunikasi (semnaskom) pada Kamis 14 Oktober 2021. Semnaskom yang mengangkat tema Komunikasi, Ekonomi Kreatif dan Pemulihan Pembangunan Global ini berlangsung secara online melalui zoom meeting dan juga offline yang bertempat di Hotel Golden Palace. Lalu, bagaimana antusiasme mahasiswa dalam mengikuti Semnaskom tersebut?

Semnaskom ini merupakan seminar yang banyak ditunggu oleh mahasiswa karena hanya diselenggarakan satu kali dalam setahun. Menurut salah satu mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Lalu Komala Panji Suarga (21), Semnaskom edisi ketiga ini mendapat antusiasme dikalangan mahasiswa karena untuk pertama kalinya semnaskom ini diadakan secara hybrid.

”Para mahasiswa sangat tertarik mengikuti seminar nasional ini karena pematerinya sangat keren-keren, apalagi temanya juga sangat menarik dan dapat menambah wawasan kita sebagai mahasiswa untuk bekal pengabdian dalam masyarakat,” ungkap Panji, “selain itu, sistemnya yang hybrid sangat menarik karena sejak 2020 dilaksanakan secara full online sehingga adanya sistem ini membuat kita kembali bernostalgia dengan masa-masa kuliah offline dulu.”

Panji menyebutkan, Semnaskom menjadi salah satu seminar yang terus diselenggarakan setiap tahun meskipun kondisi belum sepenuhnya normal akibat pandemi covid-19. Hal tersebut membuat para peserta khususnya mahasiswa tetap antusias dalam mengikuti seminar ini. Selain itu, metode hybrid yang diterapkan dalam penyelenggaraan seminar ini dapat menjangkau lebih banyak peserta disaat kondisi masih membatasi jumlah peserta yang dapat hadir secara langsung di lokasi seminar.