Semnaskom Universitas Mataram Sukses Melahirkan Inovasi Pemberdayaan Masyarakat

0
107

Mataram- Program Studi Ilmu Komunikasi sukseskan agenda tahunan Seminar Nasional Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mataram (SEMNASKOM) pada Kamis (14/10) yang dihadiri oleh 290 peserta secara daring melalui Zoom dan 50 peserta luring. SEMNASKOM kali ini mengangkat tema “Komunikasi, Ekonomi Kreatif, dan Pemulihan Ekonomi Global”.
Dr. Ir. Agus Purbathin Hadi, M.Si. sebagai Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Mataram menerangkan bahwa SEMNASKOM ini merupakan wadah kolaborasi serta momentum yang tepat untuk memberikan sumbangsih ilmu penegtahuan serta teknologi kepada masyarakat.
Rektor Universitas Mataram Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum turut hadir dan memberikan tanggapan. Saya sangat mengapresiasi seminar nasional ini. Kegiatan ini merupakan upaya yang baik untuk tetap menjadikan Universitas Mataram berperan di tengah masyarakat,” ungkapnya.
Selanjutnya dalam agenda pertama yaitu Plennary Session, penyampaian materi oleh Guru Besar Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Prof. Deddy Mulyana, membahas pentingnya komunikasi kesehatan untuk diterapkan pada praktisi kesehatan. Direktur Eksekutif Lembaga Juang Laut Lestari (JARI) Taufiq Hisbul Haq mengingatkan bahwa potensi laut di NTB sangat besar serta pentingnya pemberdayaan bagi para nelayan. Sementara itu, dan yang terakhir oleh Ketua Dewan Kerajinan dan Industri Kreatif Nasional, Nur Asia Uno berharap seminar ini dapat menguatkan UMKM yang ada di Indonesia.
Agenda ini disusul dengan sedi foto bersama. Agenda terakhir yaitu penandatanganan MoU antara Program Studi Ilmu Komunikasi dengan PT. Nutrifood.
Seminar ini berjalan dengan dengan sukses, terlihat dari antusiasme pemateri dan peserta dalam sesi tanya jawab. Seminar kali ini merupakan SEMNASKOM ke tiga yang diadakan Program Studi Ilmu Komunikasi dan akan tetap diadakan ditahun selanjutnya sebagai wadah kolaborasi dengan masyarakat serta terciptanya inovasi di lingkungan bermasyarakat.