Mataram(21/01/2018)- Dalam rangka memperingati Hari Bakti Perbendaharaan, Kawnwil perbendaharaan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar acara jalan sehat, Minggu (20/1).
Setiap tahunnya hari bakti perbendaharaan jatuh pada tanggal 14 Januari. Tahun ini, Kanwil Provinsi NTB mengangkat tema “Tingkatkan Sinergi untuk Kemakmuran Negeri”. Acara dimulai pukul 06.00 WITA dengan senam bersama. Rute jalan sehat kali ini sejauh 3 km dengan mengitari sepanjang jalan Udayana. Peserta jalan sehat ini diikuti oleh pegawai , perwakilan bank yang ada di NTB dan masyarakat luas.
Jalan sehat ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang diadakan dalam rangka memperingati hari bakti penbendaharaan dimana puncak acaranya nanti akan diadakan pada 23 Januari mendatang. Selain untuk menjaga kesehatan, jalan sehat ini juga diadakan guna mensosialisasikan kepada masyarakat luas apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab Kantor Pelayanan Penbendaharaan Negara (KPPN) sehingga masyarakat juga bisa membantu mengawasi setiap satker yang mengelola anggaran agar sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh pemerintah. “Ini diadakan supaya masyarakat luas tau tugas KPPN yaitu bertugas mengatur APBN,” ungkap Budi Darmanto selaku Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran II.
Dana yang dikucurkan pemerintah melalui Anggaran pendapatan dan Belanja Daerah (APBN) untuk pembangunan di NTB terbilang besar. Untuk tahun 2019, APBN untuk NTB mencapai 24,73 Triliun yang diperuntukkan bagi 11 Pemda dan instansi vertikal yang ada di NTB . Dana ini terdiri atas satuan kerja kementerian negara/lembaga sebesar 8,274 triliun dan belanja yang disalurkan sebagai dana transfer ke daerah sebesar 16,456 triliun termasuk Dana Desa.“ 24,73 triliun untuk rakyat NTB,” jelasnya.
Dana tersebut bukan milik kelompok tertentu, melainkan uang seluruh rakyat sehingga sudah selayaknya dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat. Dana APBN tersebut ditujukan untuk banyak hal, seperti pembangunan jalan, pembangunan sarana kesehatan, bantuan masyarakat miskin, hingga Bidik Misi untuk mahasiswa.
Ditemui di tempat yang sama, Maesarah, salah satu peserta jalan sehat mengaku senang dengan acara jalan sehat ini dan berharap pengelolaan anggaran dapat dilaksanakan dengan baik oleh pihak pemerintahan agar masyarakat hidup sejahtera.”Semoga Anggaran rakyat digunakan dengan baik, jangan korupsi-korupsi supaya kita sejahtera,” ungkapnya.