[caption id="attachment_511" align="alignnone" width="200"] Gambar. air terjun karta Gangga, Kabupaten Lombok Utara[/caption]

 

Mataram – Lombok terkenal dengan wisata alamnya yang memukau pandangan. Ada banyak sekali wisata-wisata yang bisa dikunjungi di Lombok. Ada banyak wisata pantai dan air terjun yang dapat dijumpai disini. Dan yang paling terkenal hingga saat ini ialah destinasi wisata air terjun yang tersebar dibeberapa kabupaten, salah satunya yang telah dikenal oleh masyarakat luas ialah air terjun Kerta Gangga. Air terjun ini berada di Desa Genggelang, Kabupaten Lombok Utara dan resmi dibuka kembali pascagempa pada (20/1/2019).

Salah satu keunggulan yang terdapat di air terjun ini ialah terdapat 3 buah lokasi air terjun dengan ketinggian antara 35 hingga 40 meter. Dua buah air terjun berada diatas yang lokasinya berdampingan, dan air terjun lainnya berada dibawah.

Sebelum bencana gempa bumi yang menerjang Lombok, air terjun Kerta Gangga ini telah terkenal kepopuleran dan keindahannya. Hampir setiap harinya tidak pernah sepi pengunjung untuk datang menikmati sejuknya air yang menderai tubuh. Dan setelah pascagempa, air terjun ini dibuka kembali dengan harapan agar masyarakat semakin banyak yang berkunjung dan ini sebagai ajang promosi kembali untuk mengembalikan para wisatawan-wisatawan lokal maupun mancanegara untuk kembali berkunjung ke air terjun ini dan dapat meningkatkan sector perekonomian masyarakat sekitar area disana.

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke air terjun Kerta Gangga tanpa menikmati segarnya air yang mengalir dari ujung tebing hingga menyentuh kulit. Suasana yang asri khas sebuah hutan dengan pohon-pohon rindang yang menyejukkan langkah perjalanan.

Tak heran jika air terjun Kerta Gangga ini termasuk juga sebagai destinasi favorit berkat keindahan dan keelokkannya. Jadi buat kamu yang ingin berkunjung kesini tidak perlu pusing mencari jasa travel karena sudah sangat banyak perusahaan travel yang rute kesana dan tentunya harus siap budget dan fisikmu muda mudi.

Bagi muda mudi yang Muslim, jangan khawatir jika berkunjung ke air terjun ini, karena disana sudah banyak disediakan tempat-tempat ibadah, baik masjid ataupun musholla. Dengan begitu, kalian bisa menikmati keindahan alam tanpa khawatir meninggalkan ibadah.

Untuk muda mudi yang berlibur ke Lombok, jangan lupa untuk memasukkan air terjun Kerta Gangga ini sebagai daftar perjalanan liburan kalian. Namun jangan lupa untuk menjaga lingkungan sekita air terjun. Untuk membantu melestarikan area sekitar air terjun, diharapkan untuk tidak membuang sampah sembarangan, jika tidak menemukan tempat sampah, bawa pulang sampah kalian kembali dan buanglah sampah pada tempatnya.

Tertarik? Tunggu apalagi, yuk berangkat! Jika berkunjung, jangan lupa siapkan kamera terbaikmu untuk mengabadikan momen-momen indah yang ada di air terjun Kerta Gangga. Jangan sia-siakan perjalananmu muda-mudi.