Kondisi terkini pesisir pantai Gili Beleq penuh dengan sampah (12/1)

Gili Beleq merupakan pulau kecil yang terletak di wilayah Desa Pare Mas Kecamatan Jerowaru. Yang dimana 2 tahun yang lalu sudah diresmikan dermaga penyeberangan untuk warga sekitar untuk memudahkan para wisatawan yang ingin berkunjung ke Gili Beleq, tapi tidak untuk pengangkutan sampah yang ada di Gili Beleq.

Dibalik keindahan yang ia miliki tersimpan sebuah peristiwa yang sangat membahayakan untuk keutuhan ekosistem laut. Sampah berceceran di sepanjang bibir pantai Gili Beleq. Warga kesulitan untuk membawa sampah yang dihasilkannya.

Inaq Auzil salah satu warga yang dimintai keterangan sangat membutuhkan perhatian Dari pemerintah Desa untuk lebih serius lagi dalam menyelesaikan permasalah sampah di pemukimannya “ujarnya”.

Pemerintah Desa sangat minim perhatiannya untuk menyelesaikan permasalahan terhadap sampah yang ada di Gili Beleq. Warga hanya bisa mengeringkan sampah basah di bibir pantai untuk dibakar jikalau sudah mengering. Untuk sampah yang tidak bisa dikeringkan biuang ke laut. Hal ini sangat membahayakan lingkungan sekitar terkait ekosistem laut.

Penulis : Agil Sahreza