Tim KKN Desa Loloan saat melakukan pembagian bibit kepada salah satu masyarakat Dusun Montong Kemuning, Kamis (14/07)

LOLOAN – Sebagai upaya memberikan kesempatan dan memfasilitasi masyarakat dalam mengelola pekarangan rumah untuk ditanami dengan tumbuhan yang dapat menghasilkan pangan maupun komersil, KKN Tematik Desa Loloan melakukan pembagian bibit ke sepuluh dusun di Desa Loloan, yang dimulai dari Dusun Torean (13/07) hingga ke Dusun Tanak Petak Lauq (16/07).

Bibit-Bibit tumbuhan tersebut berasal dari BPDAS HL yang berjumlah sekitar 1.700 bibit, di antaranya bibit Rambutan, Kepundung, Ceruring, Ketapang, Mahoni, dan Sentul.

Kegiatan ini disambut dengan antusias oleh masyarakat Desa Loloan, hal ini terlihat dari banyaknya masyarakat yang mengambil bibit. “Alhamdulillah, masyarakat sangat antusias. Banyak masyarakat yang tidak hanya mengambil satu atau dua buah bibit, melainkan ada yang mengambil sampai empat bibit.” Ungkap ketua KKN Tematik Desa Loloan, M. Sunanil Huda.

Selain mendapatkan antusiasme dari masyarakat, kegiatan ini juga didukung oleh perangkat Desa Loloan, seperti Ketua RT 01 dan Kepala Dusun. “Kepala Dusun sangat mendukung kegiatan kami. Mereka sampai membantu kami dalam menyebarkan bibit ke dusun-dusun setempat,” papar Sunanil.

Harapannya melalui kegiatan ini, dapat memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mencoba merawat tumbuhan kebun serta menumbuhkan semangat masyarakat dalam menanam tanaman kebun yang dapat memberikan nilai pangan dan komersil kepada masyarakat. Kegiatan ini juga dapat menjadi ajang untuk menciptakan kepedulian lingkungan. “Dengan adanya kegiatan ini, dapat membantu masyarakat untuk memahami bahwa bibit-bibit ini dapat membantu kebun atau pekarangan rumah milik masyarakat menjadi lebih asri dan juga sejuk. Sehingga ada nilai kepeduliaan lingkungan disana,” pungkas Sunanil.

Penulis           : Alivia Saktia Anjani

DPL                 : Hery Haryanto, M.Si.

Lokasi KKN   : Desa Loloan, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara