“Sosialisasi Mitigasi Tanggap Bencana Di Desa Rembitan”

Kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mataram di Desa Rembitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah periode Juni hingga Agustus 2022 telah menggelar sosialisasi dengan tema “Mitigasi Resiko dan Kesiapsiagaan terhadap Bencana untuk Mempersiapkan Desa Tanggap Bencana” dan menargetkan para kepala dusun yang berada di Desa Rembitan.

Sosialisasi yang diselenggarakan secara semi formal di aula Kantor Desa Rembitan tersebut dihadiri oleh kepala desa, para kepala dusun, dan staff desa. Dalam kegiatan tersebut kelompok KKN Unram Desa Rembitan bekerja sama dengan pihak BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Provinsi Nusa Tenggara Barat untuk menjadi narasumber dalam sosialisasi ini. 

Selain itu, Kelompok KKN Unram juga menyampaikan materi terkait kesiapsiagaan saat bencana terjadi yakni mengenai tas siaga bencana yang mana pengetahuan mengenai tas siap siaga bencana sangat diperlukan tidak hanya oleh masyarakat desa namun juga oleh mahasiswa sendiri.

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengetahui cara untuk menanggulangi sebelum bencana terjadi karena bencana yang selalu datang tanpa dapat kita tebak. Sosialisasi ini juga merupakan salah satu program kerja KKN Unram Desa Rembitan yang bertema Desa Tanggap Bencana (Destana).

Sosialisasi tersebut disambut dengan baik oleh pihak desa. Pihak Desa Rembitan yakni Bapak Lalu Minaksa selaku Kepala Desa Rembitan sangat mendukung kegiatan tersebut sebagai wadah informasi dan pembelajaran bagi masyarakat Desa Rembitan sehingga kedepannya masyarakat Desa Rembitan menjadi masyarakat tangguh bencana.

“Saya selaku kepala desa mewakili masyarakat Desa Rembitan sangat amat berterimakasih kepada mahasiswa yang sudah saya anggap sebagai anak sendiri dapat mempertemukan kami dengan pihak BPBD Provinsi yang mana sebelumnya desa kami ini tidak pernah dijamah. Dengan adanya sosialisasi dan pertemuan ini saya berharap pemerintah dapat mengetahui potensi bencana yang ada di desa kami” ucap Bapak Lalu Minaksa selaku Kepala Desa Rembitan.

Kemudian ketua kelompok KKN, Khaerul Kusuma juga menyampaikan rasa syukurnya atas digelarnya sosialisasi ini. “Kami sangat bersyukur telah diperkenankan untuk menggelar sosialisasi tanggap bencana ini dan disambut baik oleh warga desa, saya dan teman-teman yang lain berharap dengan adanya sosialisasi ini dapat memberikan dan menambah wawasan masyarakat desa tentang mitigasi bencana dan bagaimana cara mencegah baik dari pra bencana, saat bencana, dan pasca bencana terjadi” ujarnya sesudah acara sosialisasi digelar.