Jaringan Internet Terganggu, Kegiatan Pembelajaran Daring Terkendala

0
104
(Foto : Ari Saputra/detikcom)

Mataram – Gangguan jaringan internet Indihome dan Telkomsel sejak pagi tadi (20/9/2021) menyebabkan kegiatan pembelajaran secara daring di berbagai instansi pendidikan terkendala.

Diketahui bahwa gangguan jaringan ini terjadi sejak Minggu (19/9/2021). Gangguan jaringan ini menyebabkan layanan internet Indihome dan Telkomsel mengalami gangguan. Sementara ini diketahui bahwa gangguan berasal dari titik sekitar 1,5 km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter di bawah permukaan laut. Pihak TelkomGroup sudah melakukan perbaikan sejak awal diketahui adanya gangguan pada jaringan internet.

“Fokus kami hanya satu, agar layanan segera kembali normal dan digunakan pelanggan seperti sedia kala,” kata Pujo, dalam keterangan tertulis di Kompas.com, Senin (20/9/2021)

Gangguan jaringan internet ini memberi dampak pada kegiatan pembelajaran daring di berbagai instansi pendidikan.

“Kegiatan perkuliahan saya terganggu karena seharusnya hari ini saya ada presentasi melalui zoom, terus menghambat aktifitas saya mengerjakan tugas karena tidak bisa mengakses google”, ujar Kiran salah satu mahasiswi di Universitas Mataram sekaligus pengguna layanan Indihome (20/9/2021).

Melalui platform resmi Telkom Indonesia juga memberikan penjelasan terkait masalah jaringan yang terjadi dan sedang berupaya melakukan proses perbaikan secepat mungkin. Selain itu, mereka juga mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh pengguna layanan internet Indihome dan Telkomsel.

“Telkom berkomitmen untuk memberikan akses konektivitas terbaik di seluruh Indonesia, guna memberikan pengalaman digital terbaik bagi seluruh pelanggan,” kata Pujo.