Mataram, 12/03 – Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Direktorat Jenderal Informasi Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kota Mataram dan Generasi Pesona Indonesia menyelenggarakan *Workshop Gen Posting (Generasi Positif Thinking)* dengan tema “Konten Kreatif Promosi Pariwisata Destinasi Super Prioritas” pada hari Kamis, 12 Maret 2020 di Cafe Soetjipto 1.0, Mataram di hadapan para milenial, blogger, dan masyarakat Kota Mataram.
Workshop Gen Posting dibuka dengan sambutan dari Bapak Lalu Martawang, Asisten Pemerintahan 1 Kota Mataram. Dengan menghadirkan Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Kementerian Kominfo, Ibu Septriana Tangkary, SE, MM, Ketua Dekranasda Provinsi NTB, Ibu Hj. Niken Saptarini W. Z., Ketua Umum Generasi Pesona Indonesia Nasional, Ibu Siti Chotijah S.IP, MA, serta workshop media sosial oleh pakar media sosial, Bapak M. Kholis sebagai narasumber.
Septriana Tangkary mengatakan, sebagai negara yang memiliki potensi wisata yang besar, Indonesia berpeluang untuk memaksimalkan peluang sektor pariwisata. Di mana saat ini, Pemerintah tengah membangun lima destinasi pariwisata super prioritas, salah satunya ialah Mandalika yang ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) melalui Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2014 untuk menjadi KEK Pariwisata.
Lebih lanjut, Septriana Tangkary menghimbau, generasi muda yang memiliki berbagai skill dan kemampuan di berbagai bidang, untuk lebih gencar untuk menulis berbagai konten baik untuk mengajak orang berwisata ke NTB.
Hj. Niken Saptarini W. Z. pada kesempatan tersebut juga menyampaikan “Dalam upaya turut menggaungkan potensi pariwisata Mandalika dan mempersiapkan masyarakat untuk menyambut berbagai kegiatan besar, Dekranasda juga melakukan pembinaan terhadap UMKM yang membidangi berbagai bidang budaya, seperti tenun, kuliner, budaya, tarian, sehingga semua dapat menjadi bagian dari event yang dilaksanakan di seluruh NTB
Siti Chotijah memberikan penjelasan mengenai program-program yang dilakukan Generasi Pesona Indonesia yang juga membutuhkan partisipasi aktif masyarakat guna bersama mempromosikan pariwisata, khususnya di daerah NTB.
M. Kholis memaparkan tentang peluang masyarakat, terutama blogger dan milenial dalam meningkatkan potensi pariwisata ini melalui promosi di media sosial, serta memberikan tips dan trik dalam penggunaan media sosial yang positif.
Presiden Joko Widodo menetapkan lima kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) atau Bali Baru dengan status super prioritas, yaitu Sumatera Utara; Borobudur di Magelang, Jawa Tengah; Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat; Bunaken di Sulawesi; dan Bangka Belitung.
Terletak di bagian Selatan Pulau Lombok, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika menawarkan wisata bahari dengan pesona pantai dan bawah laut yang memukau. Mandalika memiliki konsep pengembangan pariwisata berwawasan lingkungan dengan pembangunan obyek-obyek wisata dan daya tarik wisata yang selalu berorientasi kepada kelestarian nilai dan kualitas lingkungan hidup yang ada di masyarakat. Dengan potensi dan pengembangan tersebut, Mandalika menjadi KEK yang paling menarik bagi para investor dan diharapkan menjadi destinasi wisata kelas dunia, salah satunya melalui pembangunan sirkuit Mandalika untuk penyelenggaraan MotoGP tahun 2021.
Untuk mendukung hal tersebut, promosi pariwisata seiring dengan perkembangan digital, tidak hanya dilakukan pada media konvensional, namun juga gencar dilakukan di media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter yang dilakukan oleh UMKM, masyarakat umum, pelaku usaha pariwisata, maupun perangkat desa, serta mengembangkan kerja sama dengan lebih banyak pihak.
Dengan diadakannya Workshop Gen Posting (Generasi Positif Thinking) di Kota Mataram diharapkan dapat meningkatkan potensi pariwisata di daerah ini, termasuk juga di Mandalika dan kawasan NTB.
#genpostingmataram
#destinasisuperprioritas
#mandalikalombok
*Media Sosial & Website:*
www.kominfo.go.id
@kemenkominfo @djikp @genposting