Mataram – Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah resmikan Wisata Medis (Medical Tourism) pertama di Indonesia (14/12/2019). Dengan konsep perawatan medis dalam perjalanan wisata, Peresmian yang diselenggarakan di RSUD Provinsi NTB mendapat banyak apresiasi dari berbagai kalangan masyarakat. Masyarakat berharap Wisata Medis tersebut bisa memberikan pelayanan terbaik bagi wisatawan yang selalu khawatir dengan jaminan kesehatan saat berwisata.

Peresmian Wisata Medis (Medical Tourism) oleh Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah

Peresmian Wisata Medis yang diselenggarakan di RSUD Provinsi NTB dengan bekerjasama dengan Rumah Sakit Kota Mataram, Rumah Sakit Siloam Mataram dan Rumah Sakit Harapan Keluarga. Wisata Medis merupakan perjalanan dengan tujuan mendapatkan perawatan kesehatan baik general check up, treatment, maupun rehabilitasi. Wisata Medis termasuk dalam pengembangan pelayanan dengan memberikan perawatan medis bagi wisatawan lokal maupun mancanegara, sehingga kekhawatiran wisatawan terkait jaminan kesehatan saat berwisata dapat teratasi.

Peluncuran Wisata Medis pertama di Indonesia ini diresmikan oleh Gubernur NTB Dr. H. Zukieflimansyah, peresmian tersebut mendapat respon positif dari masyarakat. “Ketika saya mendengar Wisata Medis, saya berpikir bahwa semua orang yang sakit berat, cukup berobat sambil berwisata ke NTB, tidak perlu berobat jauh-jauh keluar daerah”, jelas Zulkieflimansyah dalam sambutannya. Masyarakat berharap dengan adanya Wisata Medis tersebut, jaminan kesehatan tidak lagi menjadi alasan untuk tidak melakukan perjalanan wisata.

Program Wisata Medis tersebut tidak terlepas dari programnya pemerintah Provinsi NTB yaitu zero waste. “Program ini tidak terlepas dari zero waste, kita gabung dengan Grand Hospital, lingkungan hidup, penghematan tenaga, baik air, listrik termasuk kami memilah sampah terutama sampah medis. Lalu kita mendirikan bank sampah, rumah sakit pengelolaan limbah, itu contohnya”, pungkas Solikin selaku KASUBAG Humas dan Kemasyarakatan RSUD Provinsi NTB (14/12/2019).