Sumber @realtrash2nd (Akun Instagram)

Mataram – Real trash merupakan toko yang menyediakan second import atau thrift seperti baju dan sepatu. Owner nya sendiri, Millatil Khoiron mengatakan bahwa dia memulai bisnis ini dikarenakan kecintaannya dengan fashion. Real trash sendiri sudah memiliki tempat untuk berjualan yaitu di Jalan Swakarya, Kekalik Jaya, Kota Mataram. (16/10)

Real trash ini didirikan karena kecintaan owner nya dengan dunia fashion. Ia mengatakan bahwa ia dapat menikmati bisnisnya ini karena memang dia bekerja pada bidang dan hobi yang dia sendiri sukai.

“Berasal dari kecintaan saya terhadap fashion. Kenapa tidak saya memulai bisnis itu karena itu hobi saya. Daripada hobi saya tidak berguna jadi lebih baik hobi saya ini gimana caranya untuk menghasilkan” jawab Khoiron ketika ditanya alasannya memulai bisnis thrifting ini.

Adapun strategi pemasaran yang digunakan oleh Khoiron yaitu endorse. Ini digunakan karena lebih banyak menarik minat pelanggan sekaligus pelanggan dapat melihat testimoni yang diberikan oleh customer kepada ownernya. Untuk pemasaran Khoiron menggunakan media platforn yang sudah ada seperti facebook, shopee, tokopedia, dan dia juga memanfaatkan instagram sebagai sasaran utama penjualannya.

“Tidak hanya promosi online saja, untuk promosi langsung biasanya saya buka stand di Lingkar. Biasanya minggu pagi kan banyak orang yang olahraga jadi hal itu saya manfaatkan” sela Khoiron ditengah perbincangan.

Selain itu juga, Khoiron membagikan tips bagaiamana caranya untuk anak-anak muda bisa bekerja dan menikmati apa yang mereka kerjakan.

“Harapan saya untuk anak-anak muda atau orang yang mau berbisnis itu jangan takut mencoba. Untuk bisnis yang ingin dikerjakan mulailah dari hal yang kita cintai terlebih dahulu, karena kalau sudah memulai dari hal yang kita suka maka kita tidak akan merasakan rugi atau menyesal.” Nasihat Khoiron terhadap anak-anak muda yang mau memulai bisnisnya.