Usaha Mengubah Mindset Kebencanaan Anak Usia Dini, KKNT Unram Desa Sekotong Barat Adakan Sosialisasi Tanggap Bencana

0
173

LOMBOK BARAT – Tim KKN Tematik Universitas Mataram Desa Sekotong Barat menjalankan program kerja “Literasi Tanggap Bencana Usia Dini”. Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa, (28/06/22) dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman anak-anak akan bencana.

Foto bersama tim KKN Tematik Universitas Mataram dengan masyarakat Desa Sekotong Barat usai kegiatan sosialisasi tanggap bencana di pesisir Dusun Batu Kumbu, Desa Sekotong Barat, Kabupaten Lombok Barat, Selasa (28/06/22)

Program kerja ini dilaksanakan di pesisir Dusun Batu Kumbu, Desa Sekotong Barat, Kabupaten Lombok Barat. Dimana dusun ini merupakan salah satu dusun yang kerap kali terdampak bencana alam Banjir ROB. Kegiatan sosialisasi “Literasi Tanggap Bencana Usia Dini” dihadiri oleh anak-anak usia 5-10 tahun, remaja, bahkan para orang tua pun turut memeriahkan acara ini.

Materi tanggap bencana disampaikan melalui lagu dan video animasi yang berkaitan dengan kebencanaan, kegiatan ini dirangkaikan juga dengan games sederhana yang menjadi pendukung untuk mereview materi yang sudah di sampaikan melalu lagu dan video.

”Kesiapsiagaan bencana harus mulai diperkenalkan sejak dini, program kerja ini dilaksanakan sesuai dengan tema KKN kami yaitu Desa Tanggap Bencana maka dengan dilaksanakan program kerja ini, kami berharap dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat khususnya anak usia dini terkait dengan kebencanaan.” Ungkap M. Rizky Pratama selaku ketua KKN Tematik Universitas Mataram Desa Sekotong Barat.

Kegiatan sosialisasi tanggap bencana ini disambut dengan baik oleh Kepala Dusun Batu Kumbu. (*)