Camat Sekarbella Lakukan Gerakan Bersih Pantai Di Loang Baloq, Tanjung Karang Bersama Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unram

0
691

MATARAM – Pantai Loang Baloq merupakan Destinasi Legendaris yang harus tetep dijaga kebersihannya, Sampah yang ada di Pantai Loang Baloq adalah kiriman dari sungai dan yang ujungnya numpuk dimuara. Camat sekarbela mengadakan Gotong Royong Bersih Pantai dikawasan wisata Pantai Loang Baloq, Kelurahan Tanjung Karang, Kecamatan Sekarbela, Mataram. “Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan dengan target waktu satu bulan sekali,” ucap Camat Sekarbela, Cahya Samudra,S.STP,MH yang ditemui ketika kegiatan ini berlangsung. Kegiatan ini dilakukan untuk mengajak masyarakat lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan supaya masyarakat sekitar khusususnya wisatawan dari luar daerah bisa nyaman berkunjung ke pantai loang baloq ini.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unram juga turut berpartisipasi dalam kegiatan Bersih Pantai yang sudah berlangsung Jummat (13/12/19) kemarin. Melalui bersih pantai, Mahasiswa Ilmu Komunikasi secara tidak langsung juga turut belajar untuk menjaga lingkungan sekitar khsusnya kebersihan pantai. “Saya sangat senang bisa perpartisipasi dikegiatan bersih pantai yang diadakan Camat Sekarbela, harapannya semoga kegiatan bersih pantai ini tetap dilakukan demi terjaganya lingkuan sekitar yang bersih,” ucap Aini salah satu Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unram.

Selain Bersih Pantai, pemerintah khususnya Camat Sekarbela juga sudah menyediakan tong sampah berwarna biru khusus untuk sampah kirimin ataupun yang ada di pinggir laut. Untuk warga sekitar Pantai Loang Baloq biasanya melakukan bersih pantai seminggu dua kali untuk membersihkan sampah kiriman dan dibuang ke tong sampah yang sudah disediakan. Setelah sampah sudah dikumpulkan baru sampah tersebut diangkut oleh petugas kebersihan.

Pantai Loang Baloq juga banyak didatangi komunitas yang juga tujuannya untuk mengadakan bersih bersih di pantai tersebut. Sebagai salah satu Destinasi Wisata Legendaries, himbauan untuk tidak membuang sampah sudah ada di papan yang terdapat di sepanjang pantai serta sudah dihimbau secara langsung khususnya pedangang yang berjualan disekitar pantai untuk membersihkan dan mengumpulkan sampah dengan kresek setelah itu dikumpulkan di satu tempat. Tidak hanya mengimbau kebersihan tapi pemerintah juga menghimbau untuk selalu menjaga keamanan sekitar pantai.

Selain Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unram, bersih pantai pada saat itu juga diikuti oleh Mahasiswa Akbid Bakti Kencana. “Baru kali ini ikut kegiatan bersih pantai di Loang Baloq. Kesan mengikuti bersih pantai ini sangat seneng tapi prihatin dengan pantainya yang kotor. Harapan untuk masyarakat yang dateng kepantai jangan lagi ada yang membuang sampah,” ucap Arum Mahasiswa Semester 3 Akbid Bakti Kencana.