Lombok Timur – Pada tanggal 17 Juli 2025, kelompok KKN PMD Universitas Mataram desa Labuan Pandan mulai mengadakan pelatihan digital marketing yang ditujukan kepada pelaku UMKM yang ada di desa Labuan Pandan. Kelompok KKN yang diketuai oleh M. Rinaldi Luthfi ini melakukan pelatihan dengan konsep door to door dengan memilih 5 UMKM yang sedang dalam fase berkembang untuk menjadi fokus utama program mereka.
Kegiatan yang dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan, Dr. dr. E. Hagni Wardoyo Sp.MK,K., Sp.KL,K, melaksanakan program digital marketing dengan tujuan meningkatkan kemampuan pelaku UMKM di Desa Labuan Pandan dalam memahami bagaimana branding dan strategi pemasaran digital dapat dilakukan.
Pelaku usaha masih menghadapi kendala dalam meningkatkan kualitas usaha seperti belum adanya identitas produk yang kuat (branding), kemasan yang menarik, serta kurangnya pemanfaatan teknlogi digital dalam pemasarannya. Melihat adanya kendala tersebut, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Universitas Mataram mengadakan pelatihan “Peningkatan Literasi Digital Bisnis dan Strategi Pemasaran UMKM Desa Labuan Pandan”.
“Kami melihat UMKM desa Labuan Pandan ini memiliki potensi yang cukup besar untuk kami kembangkan, sehingga program literasi digital ini harapannya dapat memberikan dampak positif bagi usahanya atau setidaknya membantu menambah pengetahuan dengan cara sekedar sharing antara pemilik usaha dengan anggota kelompok KKN,” ucap Rinaldi Luthfi, ketua kelompok KKN Labuan Pandan, Kamis 17 Juli 2025.
Dengan setiap anggota KKN sebagai penanggung jawab per UMKM, pelatihan digital bisnis tersebut diharapkan dapat mandiri mengelola pemasaran digital tanpa selalu bergantung pada orang lain, bahkan bisa mengajarkan ke sesama pelaku usaha. Lebih dari sekadar pelatihan teknis, kami berharap bisa membantu pola pikir dari ‘jualan seadanya’ menjadi ‘membangun merek yang bernilai’.