KKN TEMATIK UNRAM DESA BANDOK : MELAKUKAN PEMBUATAN SILASE DENGAN PEMANFAATAN LIMBAH JAGUNG (KLOBOT) BERSAMA PETERNAK DESA BANDOK

0
113

Desa Bandok Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur merupakan desa yang memiliki sumber daya alam yang melimpah, yang dimana masyarakat desa ini mendapatkan penghasilan dari penanaman jagung, cabai, tomat, dan sebagainya. Sehingga sebagian besar masyarakat Desa Bandok memiliki mata pencaharian sebagai petani. Selain pertanian, masyarakat di Desa Bandok juga memiliki potensi yang lain untuk dapat dikembangkan yaitu perternakan sapi untuk menambah pendapatan dan penghasilan warga setempat.
Limbah jagung/klobot bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Dengan sebagian besar masyarakat di Desa Bandok sebagai petani yang secara khusus menanam komoditi jagung, seharusnya limbah jagung/kelobot tidak akan berakhir sia-sia, akan tetapi bisa dimanfaatkan sebagai materi yang akan berguna, seperti pembuatan silase untuk pakan ternak.
Berdasarkan potensi tersebut, mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram (UNRAM)  di Desa Bandok, Kecamatan Wanasaba, Kabupaten Lombok Timur melakukan pembuatan pakan ternak menggunakan limbah jagung (klobot) dengan cara pengawetan dan anaerobic (tanpa udara) atau disebut dengan silase.



Pembuatan silase tersebut, bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat bahwa silase punya beberapa manfaat bagi peternak seperti menjaga ketersediaan pakan saat memasuki musim kemarau, silase lebih disukai ternak hal ini dapat dimanfaatkan untuk sapi yang sedang mengalami penurunan nafsu makan, menampung jumlah pakan yang melimpah yang dimanfaatkan kemudian hari, dan  memiliki nutrisi yang tinggi sebab proses fermentasi dalam tahapan silase tersebut bertujuan untuk meningkatkan nilai nutrisi pada pakan sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian pada sapi.
Melalui kegiatan yang dilaksanakan oleh KKN Tematik Universitas Mataram di Desa Bandok, mereka berharap dengan adanya kegiatan ini, peternak di Desa Bandok bisa termotivatsi untuk memanfaatkan limbah jagung/klobot sebagai pakan ternak.