Pusling Diarpus Kota Mataram Jemput Bola Demi Tingkatkan Literasi Masyarakat

0
129
Kegiatan Perpustakaan Keliling Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Mataram (01/11/22)

Mataram – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diarpus) Kota Mataram berupaya meningkatkan minat baca masyarakat dengan menyediakan program pelayanan Perpustakaan Keliling (Pusling) yang kembali beroperasi pasca pandemi Covid-19 sejak tahun 2021 lalu. Pusling melakukan kunjungan ke TK Negeri Pembina Mataram, di Jalan Pemuda No.61 Dasan Agung, Kecamatan Selaparang, Selasa (01/11/22).

Murni Rahmawati selaku Pustakawan Ahli Muda Diarpus Kota Mataram mengatakan, kunjungan ini dilakukan untuk merangsang minat baca anak-anak dari usia dini dan kunjungan dilakukan secara rutin ke TK/SD se-kota Mataram secara bergilir setiap hari senin sampai kamis. Anak-anak terlihat antusias mengikuti kegiatan membaca buku yang dilakukan di aula.

Diarpus turut membawa kostum badut dan mengenakannya saat mengunjungi TK Negeri Pembina Mataram. Salah satu siswi bernama Ayu (5) mengatakan “Senang membaca karena ada badut, tapi takut badutnya seram”. Bukan hanya Ayu, siswa-siswi lain pun sangat excited dengan kehadiran badut.

Vila (33) wali murid dari salah satu seorang siswa mengungkapkan, cara cepat untuk meningkatkan minat baca pada anaknya dengan memberikan buku bacaan yang bergambar dan hal-hal yang menarik didalamnya.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi anak-anak agar mengenal Perpustakaan dan mengetahui macam-macam buku bacaan serta dapat memotivasi minat baca para siswa/siswi,” tutur Wely (53) sebagai Kepala Sekolah di TK Negeri Pembina Mataram. Ia berharap program ini tetap diadakan setiap bulan.

Selain berkunjung ke sekolah-sekolah, pada akhir pekan mobil Pusling juga mengunjungi tempat wisata seperti di Taman Sangkareang. Sebab hari sabtu-minggu, Taman Sangkareang ramai didatangi masyarakat. Peluang tersebut yang ingin dioptimalkan.

Jumlah koleksi buku yang tersedia di Pusling sekitar 1.000-1.500 eksemplar yang terdiri dari buku cerita anak-anak, ilmu pengetahuan, novel, majalah, dan lainnya. Pusling hanya melayani membaca buku di tempat. Bila ingin meminjam buku akan diarahkan ke Kantor Diarpus Kota Mataram.