PMT dan Sosialisasi Stunting sebagai Upaya KKN Tematik UNRAM Mencegah Terjadinya Stunting di Desa Ketangga Jeraeng

0
252

Lombok Timur- Selasa, 19 Juni 2022, mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram mengadakan kegiatan Sosialisasi mengenai Stunting dengan tujuan memberikan Edukasi mengenai Stunting serta bagaimana hidup dan makanan sehat untuk anak-anak. Sosialisasi ini dihadiri oleh Ibu hamil dan ibu-ibu yang memiliki Balita serta kader-kader posyandu dari setiap Dusun yang ada di Desa Ketangga Jeraeng. Sosialisasi ini dilaksanakan tepatnya di Dusun Lingkok Ramben. Pemateri merupakan petugas gizi dari Puskesmas Keruak, yaitu Ibu Melisa Asnani.

Dalam sosialisasi ini, ditekankan bahwa orang tua harus memberikan makanan sehat dengan protein dan gizi yang tercukupi. Akan tetapi, karena mayoritas penduduk di Desa Ketangga Jeraeng memiliki tingkat ekonomi menengah ke bawah. Banyak masyarakat yang bertanya terkait hambatan tersebut. Karena adanya kesenjangan ekonomi, banyak masyarakat yang mengeluh tidak dapat memberikan anak-anak makanan yang sehat karena mahal atau susah di dapat. Oleh karena itu, melalui sosialisasi ini diberikan juga pemahaman kepada ibu-ibu agar  menjadi ibu yang kreatif dan mampu memanfaatkan bahan-bahan yang dimiliki maupun yang ada disekitarnya tanpa harus memaksakan membeli sesuatu yang mahal.

Misalnya seperti mengganti daging dengan ikan dan tetap mengajarkan anak memakan sayur sejak dini. Selain itu, ibu-ibu juga ditekankan untuk tidak menggunakan sodium dan penyedap rasa secara berlebihan karena hal tersebut dapat menyebabkan potensi anak mengalami hipertensi saat usia remaja menuju dewasa. Selain potensi mengalami hipertensi, hal ini juga dapat menyebabkan terjadinya stunting karena tidak adanya pemenuhan gizi pada anak, terutama untuk Bayi dibawah Umur Lima Tahun (BALITA). Antusiasme ibu-ibu dan kader terlihat dari jumlah peserta yang ikut serta dalam sosialisasi tersebut. 

Sosialisasi Stunting oleh Petugas Puskesmas

Selain demonisasi langkah-langkah pencegahan stunting oleh petugas gizi. Mahasiswa KKN Tematik Unram juga membagikan PMT sebagai upaya pencegahan stunting dan pemenuhan gizi anak. Pembagian PMT ini dilakukan disetiap dusun di Desa Ketangga Jeraeng. Pembagian PMT ini dilakukan bekerja sama dengan kader posyandu setempat. Selain itu, Mahasiswa KKN Tematik Unram juga berperan aktif dalam membantu kader posyandu saat posyandu berlangsung disetiap dusun di Desa Ketangga Jeraeng.

Pembagian PMT untuk Anak-anak

Selain demonisasi langkah-langkah pencegahan stunting oleh petugas gizi. Mahasiswa KKN Tematik Unram juga membagikan PMT sebagai upaya pencegahan stunting dan pemenuhan gizi anak. Pembagian PMT ini dilakukan disetiap dusun di Desa Ketangga Jeraeng. Pembagian PMT ini dilakukan bekerja sama dengan kader posyandu setempat. Selain itu, Mahasiswa KKN Tematik Unram juga berperan aktif dalam membantu kader posyandu saat posyandu berlangsung disetiap dusun di Desa Ketangga Jeraeng. (Yunita)