Pelaksanaan sosialisasi kewirausahaan dilaksanakan pada Rabu (29/6/22), dengan dihadiri lebih kurang 30 peserta. Kegiatan sosialisasi ini dilakukan di kantor kelurahan Perapen, Lombok Tengah.

Kegiatan kewirausahaan merupakan kegiatan yang menjadi salah satu solusi untuk memperoleh penghasilan. Mahasiswa KKN Tematik Unram mengadakan Sosialisasi Terkait Kewirausahaan dengan tema Meningkatkan Semangat, Motivasi dan Minat Dalam Berwirausaha di Kelurahan Perapen, Lombok Tengah. Pelaksanaan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian penduduk setempat dan memberikan pemahaman terhadap pemberdayaan sumber daya yang ada untuk dapat diberikan nilai tambah ekonomi.

Dalam kesempatan ini, mahasiswa KKN Tematik Unram di kelurahan Perapen melakukan Kegiatan Sosialisasi Terkait Kewirausahaan Di Aula Kantor Kelurahan Perapen. Dalam hal ini mahasiswa KKN Tematik mengundang langsung pemateri dari Dinas Koperasi dan UKM Lombok Tengah. Kegiatan ini diikuti oleh Karang Taruna, Pokmas, Kepala Lingkungan yang ada Kelurahan Perapen, RT, dan Staff Kelurahan. Sosialisasi ini tentunya dijalankan secara langsung dan melakukan praktik secara langsung.

“Kita mengundang mereka untuk mendapatkan materi tentang pentingnya berwirausaha” ujar kholis selaku ketua KKN Kelurahan Perapen.

Karena itulah pengembangan masyarakat dengan metode sosialisasi penanaman jiwa kewirausahaan dan bisnis online dilakukan untuk membantu memotivasi masyarakat untuk menjalankan usaha mandiri dengan memanfaatkan potensi yang ada.

Bahtiar selaku anggota Karang Taruna menuturkan bahwa dengan adanya kegiatan sosialisasi seperti sebagai upaya meningkatkan pemahaman masyarakat terkait kewirausahaan serta meningkatkan semangat dalam berwirausaha untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat agar terhindar dari kesenjangan sosial.

Ketua Pokok Masyarakat Kelurahan Perapen menyampaikan bahwa dengan adanya kesadaran berwirausaha dan memunculkan UMKM baru di Indonesia, ia berkeyakinan bahwa perekonomian negara akan terus memulih apabila pengembangan sektor UMKM terus di gencarkan salah satunya. “UMKM memiliki peran yang sangat penting dalam perbaikan ekonomi Indonesia yaitu sebesar 60% PDB Indonesia, maka dari itu sangat penting dukungan agar para pemuda ini mulai berwirausaha” jelas Ketua Pokmas. Ia juga berharap program ini dapat menjadi program pengembangan yang dapat dijadikan referensi dalam percepatan pemulihan sektor ekonomi terutama Di Kelurahan Perapen.