LOMBOK TIMUR-Setelah hampir 2 pekan lamanya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Timur menutup pembelajaran tatap muka untuk jenjang TK/PAUD, SD dan SMP. Melalui surat edaran Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Timur Nomor : 800/229/Dikbud.I/2021 tanggal 16 Agustus 2021, Pembelajaran tatap muka kembali dibuka mulai hari Kamis tanggal 19 Agustus 2021. Hal ini dilaksanakan atas perintah Bupati Lombok Timur dengan memperhatikan kasus harian Covid-19 di Kabupaten Lombok Timur sudah menunjukkan angka penurunan.

Proses belajar di ruang kelas baru dimulai pukul 07.30. Siswa di cek suhu tubuhnya dan diberikan handsanitizer sebelum pembelajaran di mulai.
“Karena di sekolah ini siswanya per kelas berisi kurang lebih 20 siswa, sekolah menerapkan sistem pembelajaran tatap muka tidak menggunakan sistem sif” ucap salah satu mahasiswa PLP di SDN 1 Toya, Jumat (29/10/2021). Baik guru dan siswa diwajibkan menggunakan masker selama proses pembelajaran. Selain menerapkan prokes dengan ketat, semua guru dan mahasiswa PLP di sekolah ini mengikuti vaksin kedua.
“Pengajar semua sudah vaksin taha tahap dua. Itu soalnya jadi syarat pembelajaran tatap muka,” ucapnya.

Pihak sekolah menyiapkan fasilitas cuci tangan dan thermogun untuk mengecek suhu tubuh siswa. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lotim membuka belajar tatap muka mulai 19 Agustus 2021 setelah dihentikan selama dua pekan akibat lonjakan kasus Covid-19. Pengawas dan UPTD diterjunkan ke sekolah untuk memantau penerapan prokes di sekolah.