Sumber : Ekonomi Bisnis.com

GERUNG, LOMBOK BARAT – Program vaksinasi yang dianjurkan oleh pemerintah hingga saat ini masih terus dilaksanakan di berbagai daerah. Seperti halnya di Lombok Barat, program pelaksanaan vaksinasi untuk 300.000 warga Lombok Barat masih terus digencarkan agar bisa cepat mencapai target. 

Pelaksanaan program vaksinasi untuk bisa segera mencapai target di Lombok Barat saat ini sedang digencarkan oleh masing-masing pemerintah daerahnya. Kelurahan Gerung Selatan, Lombok Barat sudah mulai melaksanakan kegiatan vaksinasi kepada warga yang belum vaksin. Untuk mencapai target yang diinginkan, warga yang belum melaksanakan vaksin akan dijemput langsug oleh polisi dengan cara door to door untuk ditanyakan atau dikonfirmasi alasan kenapa warga tersebut belum melaksanakan vaksinasi. 

“Untuk mencapai target 70% vaksinasi saat ini masyarakat yang belum divaksin akan dijemput langsung oleh polisi door to door, bukan dijemput paksa ya, tetapi untuk dikonfirmasi kenapa belum vaksin. Biasanya orang tua atau lansia yang tidak mampu ke lokasi vaksin akan difasilitasi untuk penjemputan.” ungkap Baiq Rurin selaku Lurah Gerung Selatan saat ini. (17/10/2021)

Pada bulan Oktober ini sudah dua kali dilaksanakan kegiatan vaksinasi ini, pertama pada tanggal 4 Oktober 2021 dan yang kedua pada tanggal 17 Oktober 2021. Kemudian, kegiatan vaksinasi selanjutnya akan dilaksanakan juga pada tanggal 18 dan 19 Oktober 2021 mendatang. Lokasi pelaksanaan vaksinasi tersebut dilakukan secara bergantian di tiap lingkungan Gerung Selatan. Kelurahan Gerung Selatan ini memiliki 6 lingkungan. Pelaksanaan vaksin pertama dilakukan di 3 titik lokasi lingkungan, kemudian jadwal selanjutnya di 3 lingkungan yang belum dan begitu seterusnya secara bergantian. Jadi pelaksanaan vaksin tersebut merata dan masyarakat juga mendapat pelayanan yang sama rata. Segala macam persiapan untuk menyukseskan vaksinasi ini sudah dilakukan agar sesuai dengan apa yang diharapkan. 

“Kami dari kelurahan memberikan informasi tentang vaksin dengan cara diumumkan melalui masjid dan door to door kami memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa vaksin ini aman dan halal yang sudah dikuatkan dengan pernyataan MUI. Sehingga, saat ini masyarakat antusias untuk vaksin dan kami yakin Kelurahan Gerung Selatan akan bisa mencapai target vaksin 70% bahkan 100%.” ujar Lurah Gerung Selatan yakni Baiq Tria Rurin Prihatini, S. STP. (17/10/2021)

Dengan adanya program ini, Baiq Rurin berharap agar semua masyarakat di Kelurahan Gerung Selatan ini sudah melaksanakan vaksinasi untuk mencegah Covid-19 ini.