Mataram, Infolombok.id – Dalam rangka HUT BPOM ke – 18 yang di gelar pada, Minggu ( 10/02/2019 ). Badan  Pengawasan Obat dan Makanan ( BPOM )  Menggelar  Inspiratif Expo dengan tema zero waste yang bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram. Acara ini di gelar di Car Free Day Udayana untuk mengajak masyarakat peduli sampah agar tercipta lingkungan yang bersih, asri, dan nyaman.

Inspiratif Expo 2019 ini di buka langsung oleh wakli Gubernur NTB, Siti Rohmi Djalillah  yang di awali dengan senam pagi. Acara ini dirangkai dengan kegiatan Clean Up jalanan saat CFD Udayana dengan mengajak seluruh masyarakat ikut serta dalam membersihkan sampah, disekitar jalan udayana. Peserta yang paling banyak memungkut sampah dapat menukarnya  dengan hadiah. Selain itu, acara ini juga di rangkai dengan pemeriksaan kesehatan gratis oleh Fakultas Unizar, Pembacaan puisi yang bertema zero waste oleh salah satu Mahasiswa Unram, penampilan 100 pramuka Kota Mataram,  membagikan puluhan tumblr kepada masyarakat, dan berbagai jenis hiburan lainnya.

Kepala BPOM Kota Matatam, Ni Gusti Ayu Nengah Suarningsih menjelaskan tentang tujuan diadakannya acara ini, ” Jadi, acara ini digelar dalam rangka HUT BPOM ke – 18 di seluruh Indonesia, dan tujuan acara ini dilaksanakan di Car free day Udayana karena banyak masyarkat yang berlalu – lalang. Sehingga  BPOM harus hadir ditengah – tengah masyarakat agar masyarakat memiliki akses langsung terhadap obat dan makanan. Acara ini mengangkat tema zero waste dan berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram,  karena memang di NTB saat ini sedang dicanangkan Hal tersebut. Harapan saya terkait zero waste memang sangat penting karena sangat berpengaruh untuk keselamatan bumi kedepan. ” Jelas Kepala BPOM Kota Mataram.

Acara ini diisi langsung oleh Badan Pengawasan Obat ( BPOM ) Kota Mataram, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan ( DLHK ), Dinas Kesehatan Kota Mataram, Balai Taman Nasional Gunung Rinjani Kota Mataram, Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai ( BPDAS ) Mataram, Balai Konsversi Sumber Daya Alam ( BKSDA ) NTB, dan Kordinator Gakkum KLHK NTB. Acara ini ditutup dengan harapan semoga NTB Bebas Sampah 2023 bersama zero waste.