Mataram – menurut data dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategus Nasional (PHPS Nasional) jelang natal dan tahun baru harga bahan makanan di pasar NTB masih terpantau stabil.

Data yang dikeluarkan oleh PHPS Nasioanal (29/11) menunjukkan harga-harga yang cenderung stabil di pasaran NTB, tidak adanya lonjakkan harga yang signifikan untuk berbagai komoditi yang ada seperti cabai rawit merah yang berada di kisaran Rp 24.450/kg, minyak goring Rp 11.750/kg, telur ayam ras Rp 24.350/kg dan bawang merah Rp 20.750/kg.

Di Mataram sendiri, harga tomat melonjak dari Rp 2000/kg menjadi Rp 7000/kg. Menurut Kadek Gana, pedagang di pasar KR.Jasi kenaikan harga tomat ini diakibatkan kurangnya pasokan dari petani “iya sekarang tomat mahal ya karena sudah masuk musim hujan jadi tomat banyak yang busuk jadi pasokan dari petani ndak banyak” ungkapnya.

Masyarakat menyambut baik stabilnya harga bahan pangan menjelang natal dan tahun baru ini, dan berharap agar harga terus stabil “ya sukur kalo harga bisa stabil, ya kalau bisa tetap kaya gini lah harganya jadi tidak memberatkan masyarakat keci” ujar Made Sutisni, ibu rumah tangga.