Untuk Kedua Kalinya, Festa PKM Unram Sukses Diselenggarakan

0
235

Malam penganugerahan Festival Tahunan Program Kreativitas Mahasiswa (Festa PKM) Universitas Mataram sukses diselenggarakan di Gedung Auditorium M. Yusuf Abu Bakar Unram Sabtu, (12/11/2022).

Kegiatan ini merupakan kompetisi internal tahunan yang diselenggarakan oleh Badan Semi Otonom (BSO) PKM Center Unram sebagai langkah awal bagi mahasiswa dalam mempersiapkan proposal PKM tahun 2023.

Menurut L. Ahsanul Adlani, Ketua BSO PKM Center Unram, Festa PKM secara rutin dilaksanakan setiap tahunnya, bahkan tahun ini merupakan kali kedua kegiatan ini dilaksanakan.

Ahsan mengatakan, kompetisi ini adalah salah satu bentuk upaya bersama dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas proposal PKM mahasiswa Unram mengingat kecendrungan tim unram yang lolos PIMNAS masih sangat sedikit.

“Target kita adalah memperbanyak jumlah proposal PKM yang lolos PIMNAS 36 tahun 2023, karenanya proposal PKM dengan kuantitas dan kualitas yang baik kita persiapkan dari sekarang”, katanya.

Senada dengan hal tersebut, ketua panitia Festa PKM, Kamal Bahari juga menambahkan bahwa proposal yang telah disubmit dalam kegiatan ini tentunya akan melewati berbagai proses perbaikan hingga benar-benar siap dilombakan untuk tahun depannya.

“Jadi proposal PKM yang telah di submit oleh temen-temen mahasiswa akan melewati berbagai proses seperti review dari dewan juri, presentasi tim, penentuan finalis hingga penentuan juara”

Mahasiswa semester 3 ini juga menyampaikan bahwa tahun ini setidaknya sekitar 84 proposal telah di submit dengan masing-masing 5 tim dari setiap bidang PKM dinyatakan lolos sebagai finalis. Tahun ini sendiri tim PKM-RE yang diketuai oleh Baiq Dwiyan Nugrahani keluar sebagai juara umum berdasarkan perolehan nilai tertinggi.

Kedepannya Kamal berharap melalui kegiatan ini tim PKM unram yang lolos PIMNAS bisa lebih banyak lagi setiap tahunnya.

“Dengan kualitas dan kuantitas proposal PKM yang dipersiapkan dari sekarang, kita berharapnya tim PKM Unram yang lolos PIMNAS 36 harusnya bisa lebih banyak lagi”, tutupnya.