Kelompok KKN Desa Taman Baru Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat Periode Juni Sampai Agustus 2022 Melakukan Kegiatan Sosialisasi Tanggap Bencana dan Pengenalan Aplikasi SiAGA NTB

Kelompok KKN Desa Taman Baru Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat periode Juni sampai Agustus 2022 melakukan kegiatan Sosialisasi Tanggap Bencana dan Pengenalan Aplikasi SiAGA NTB dengan tema “Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Tanggap Bencana dan Pengenalan Aplikasi SiAGA NTB” pada Selasa (5/7/22) Sampai Selesai.

Sosialisasi ini merupakan salah satu Program Kerja Utama dari kelompok KKN Tematik UNRAM Desa Taman Baru. Sosialisasi ini diawali dengan sambutan oleh ketua KKN Desa Taman Baru saudara Usamah Mashadi kemudian dibuka oleh Kepala Desa Taman Baru Bapak H. Padillah dan dilanjutkan oleh sambutan dari Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Provinsi NTB Bapak Supardi, S.Sos., MM.

Pada sosialisasi ini diisi oleh Bapak Mustakim, ST., MT., perwakilan dari BPBD Provinsi NTB. Sosialisasi ini dihadiri oleh 37 peserta, yang terdiri dari Kepala Dusun, Karang Taruna, KPPAD, PKK dan Staff Desa.

Tujuan diadakannya kegiatan ini yaitu agar terbinanya kesadaran dan kemampuan masyarakat dalam hal tanggap bencana, selain itu sosialisasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat terhadap tanggap bencana dan memberikan informasi terkait Aplikasi Sistem Informasi Kebencanaan (SIK) yaitu SiAGA NTB.

Peningkatan kapasitas masyarakat dalam menghadapi bencana sangat penting utnuk menurunkan risiko terhadap dampak bencana. Untik itu aplikasi SiAGA NTB menghadirkan edukasi bencana seperti SOP Bencana, dan Desa Tangguh Bencana (DESTANA) sebagai katergori kesiapan Desa dalam menghadapi bencana dan lebih tanggap terhadap bencana.
Aplikasi siaga NTB merupakan salah satu aplikasi unggulan program pemerintah Provinsi NTB dalam sector penanganan kebencanaan. Aplikasi tersebut menjadi sarana edukasi terkait dengan kebencanaan, mulai dari user/pengguna/masyarakat dapat melaporkan bencana, berita terkait bencana, dan fitur-fitur edukasi kebencanaan.

Usamah Mashadi ketua KKN Tematik UNRAM Desa Taman Baru menjelaskan harapannya beserta Tim bahwa dalam kegiatan Sosialisasi ini dapat membangun kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan dan sekitarnya.

”Harapan saya sebagai ketua, lebih membangun kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitarnya dan upaya mitigasi bencana tentunya. Selain itu, hal yang kami harapkan dengan adanya pengenalan aplikasi SiAGA NTB ini kami harap masyarakat lebih memanfaatkan tekhnologi dengan baik” ujar Usamah Mashadi ketua KKN Tematik UNRAM Desa Taman Baru.