Seminar Nasional Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mataram, Kamis (14/10/21)

MATARAM – Seminar Nasional Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mataram (SEMNASKOM) yang merupakan agenda tahunan Program Studi Ilmu Komunikasi telah sukses diselenggarakan pada Kamis (14/10) secara hybrid (offline dan online meetings)  di Hotel Golden Palace Mataram. SEMNASKOM tahun ini mengusung tema “Komunikasi, Ekonomi Kreatif, dan Pemulihan Ekonomi Global”

Acara ini dibuka dengan pembacaan do’a yang dipimpin oleh Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Mataram M. Jamiluddin Nur, S.Pd., M.I.Kom. dilanjutkan dengan pemberian sambutan oleh Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Mataram Dr. Ir. Agus Purbathin Hadi, M.Si lalu disusul oleh laporan dari Ketua Panitia Kegiatan Baiq Vira Safitri, S.I.Kom., M.I.Kom.  serta sambutan dari Rektor Universitas Mataram Prof. Dr. H. Lalu Husni, S.H., M.Hum.

Dalam laporannya, Baiq Vira selaku ketua panitia mengatakan ini tahun ke-3 SEMNASKOM diadakan, “Ini merupakan seminar nasional ke-3 yang diadakan oleh Ilmu Komunikasi mulai dari tahun 2019 offline, 2020 full online, dan saat ini dilakukan gabungan offline online. Seminar ini menentukan tema dari isu-isu aktual hingga saat ini mengangkat tema perkembangan.”

Diikuti  oleh 284 peserta melalui zoom meetings dan 50 peserta secara offlinedengan rangkaian agenda pertama yaitu Plennary Session berupa penyampaian materi oleh Prof. Deddy Mulyana, M.A., Ph.D., Nur Asia Uno dan M. Taufik Hizbul Haq yang dimoderatori oleh Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Mataram, penyerahan sertifikat pembicara yang ditampilkan melalui zoom meetings dan disusul oleh foto bersama.  Agenda terakhir diisi dengan penandatangan MoU antara Program Studi Ilmu Komunikasi dengan PT. Nutrifood kemudian dilanjutkan dengan Parallel Session 1, Coffee Break, Parallel Session 2 dan acara selesai.

Respon antusiasme hadir dari mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi terkait acara ini, “Menurut saya SEMNASKOM tahun ini luar biasa sih, sudah mengundang pemateri hebat kayak Prof. Deddy, tema yang diangkat juga relevan sama kondisi saat ini dan relevan bagi civitas akademika Ilmu Komunikasi.” Ungkap Sang Ketut Wiranadi, mahasiswa Ilmu Komunikasi peserta SEMNAMASKOM saat diwawancarai.

Didik Rispan, salah satu mahasiswa Ilmu Komunikasi sekaligus audiens pada seminar kali ini juga berpendapat bahwa semnaskom unram sangat luar biasa memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat indonesia baik itu secara akademis/teoritis maupun secara praktis dalam arti mengedukasi masyarakat melalui seminar nasional komunikasi ini. Adapun berbagai lini disentuh oleh semnaskom unram baik itu penerapan iptek serta sosial masyarakat khususnya ekonomi kreatif.

“Disamping itu, meskipun ditengah pandemi covid-19 semangat keluarga ilmu komunikasi unram tidak surut, malah terobosan baru teknis pelaksanaan semnaskom unram tahun 2021 ini sangat luar biasa dengan menghadirkan pelaksanaan Hybrid method yakni offline dan online event. Masukan saya pribadi, kegiatan ini tidak boleh sampai disini, harhs terus berkelanjutan untuk mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) sampai 2030 mendatang.” Ujarnya.